dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan bercerita pada anak usia dini yang mulai bersekolah di TK A, khususnya pada TK Darussalam, masih sangat rendah. Hal tersebut mendorong peneliti untuk merangsang kemampuan berbicara anak dengan menggunakan media pesan visual. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media pesan visual dapat meningkatkan kemampuan bercerita pada anak kelompok A di TK Darussalam Palaran. Metode penelitian dilakukan dengan tindakan kelas. Subjek penelitiannya terdiri dari 12 anak kelompok A di TK Darussalam Palaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentatif dan deskriptif aktivitas anak anak didik. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sebelum diberikan tindakan, kemampuan bercerita anak sangat rendah, rata-rata prosentasinya hanya mencapai sekitar 43.5%. Setelah dilakukan tindakan dengan metode media pesan visual, maka terjadi peningkatan secara bertahap dari siklus pertama terjadi peningkatan sekitar 64%, kemudian dilakukan penelitian ulang pada siklus kedua terjadi peningkatan sekitar 84.25%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran melalui metode pesan visual dapat dikatakan berhasil dalam rangka meningkatkan kemampuan bercerita anak, untuk itu disarankan pada semua guru dapat menggunakan meda pesan visual ketika mengajar agar kemambuan berbicara anak lebih cepat. | en_US |