Strategi Dakwah untuk Meningkatkan Kualitas Hafalan Surat-Surat Pendek Di TK Islam Kreatif Salsabila Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Nur Hikmah. 2022. “Strategi Dakwah untuk Meningkatkan Kualitas Hafalan Surat-Surat Pendek Di TK Islam Kreatif Salsabila Samarinda”. Skripsi, Jurusan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Universitas Islam Negri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Noorthaibah, M.Ag dan Ibu Sri Ayu Rayhaniah, M. Sos.
Menghafal surat-surat pendek merupakan suatu aktivitas belajar yang menekankan kepada kemampuan kognisi (keyakinan) dalam mengingat suratsurat pendek, proses menghafal surat-surat pendek melibatkan kognitif, psikis, psikomotorik orang yang menghafal surat pendek akan menjumpai kemudahan dan sedih saat sulit menghafal. Dan untuk meningkatkan hafalan surat-surat pendek khususnya pada anak usia dini diperlukan strategi dakwah yang tepat untuk mencapai hasil yang optimal. Namun faktanya tidak semua anak bias mendapatkan pendidikan sejak usia dini, terutama pendidikan yang berbasis keagamaan. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksananakan penulis dengan judul Strategi Dakwah untuk Meningkatkan Kualitas Hafalan Surat-Surat Pendek di TK Islam Kreatif Salsabila Samarinda dan apa saja faktor pendukung serta penghambat untuk meningkatkan hafalan surat-surat pendek di TK Islam Kreatif Salsabila Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian berpusat pada TK Islam Kreatif Salsabila Samarinda yaitu ustadzah salsabila, anak –anak tahfidz salsabila, wali murid anak tahfidz salsabila. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil peneliti ini menunjukkan bahwa strategi dakwah untuk meningkatkan kualitas hafalan surat-surat pendek di TK Islam Kreatif Salsabila Samarinda pertama, memperhatikan situasi dan kondisi, kedua memberikan nasihat-nasihat, ketiga tidak memberikan tekanan-tekanan. Memfokuskan kepada hati, menggerakkan perasaan dan memberikan nasihat dalam meningkatkan hafalan anak awalnya niat yang baik dan ketulusan ustadzah untuk memberikan pujian atau reward . Faktor pendukung strategi dakwah untuk menghafal suratsurat pendek, tempat menghafal yang tenang dan nyaman, panjang dan pendeknya surat, sedangkan faktor penghambat kurangnya kesadaran orang tua dalam mendukung hafalan anak dirumah.