dc.description.abstract | Ajis Efander, 2022. “Implementasi Metode Teams Games Tournament
Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII Di MTs Negeri
Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris
Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh pembimbing I Dra. Etty Nurbayani, M.
Pd dan pembimbingan II Dr. H. Achmad Ruslan Afendi, M. Ag
Penelitian ini dilatar belakangi dengan mengangkat Metode Teams Games
Tournament karna metode pembelajaran ini menerapkan metode pengajaran yang
kreatif, asik, aktif dan memotivasi. Metode pembelajaran yang memberikan
kesempatan kepada masing masing kelompok yang sudah di buat untuk menjadi
yang terbaik dengan memainkan game ataupun pemberian tugas yang sudah di
sepakati anggota kelas dengan guru dan kelompok yang terbaik akan
mendapatkan poin, niali dan hadiah sebagai hasil dari usahanya. Ini yang menjadi
ciri khas daripada metode TGT ini Akibatnya peserta didik akan termotivasi dan
semangat dalam belajar serta saling bersaing untuk membuktikan bahwa dia dan
kelompoknya bisa menjadi yang terbaik. Walaupun dalam pelaksanaanya masih
ada peserta didik yang kurang fokus dan kurang percaya diri pada saat proses
belajar berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana metode
TGT ini dapat terlaksana dengan baik.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi
penelitian berada di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Samarinda, dengan
narasumber kepala madrasah, guru sejarah kebudayaan islam kelas VIII dan siswa
kelas VIII di MTs Negeri Samarinda. Teknik pengumpulan data yang dilakukan
yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data terdiri dari
empat tahap yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian Implementasi metode Teams Games Tournament
pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kela VIII di MTs Negeri
Samarinda yaitu guru memberikan pemahaman peserta didik agar guru mampu
menguasai suasana keadaan di dalam kelas serta memudahkan guru dalam
memberikan intruksi dalam pembelajaran. Pelaksanaan metode Teams Games
Tournament membentuk kelomok yang di bentuk sesuai kesepakatan kelas, di
berikan materi untuk di jelaskan, di diskusikan ataupun di buat tugas kelompok,
untuk di tanyakan dan di presentasikan, yang berhasil dalam pembelajaran ini
akan mendapatkan penghargaan berupa nilai ataupun hadiah. Penggunaan metode
ini di dukung dengan semangat dan antusias peserta didik dalam belajar. Melatih
kerja sama, meningkatkan kreatifitas dan sikap percaya diri. Sehingga materi yang
di berikan dalam pembelajaran dapat di pahami dan menambah daya ingat peserta
didik. Sedangkan yang menjadi penghambat nya adalah penggunaan waktu yang
cukup lama, kelengkapan anggota kelompok yang dapat mempengaruhi hasil
diskusi menjadi kurang maksimal dan masih ada peserta didik yang tidak fokus
dan asik sendiri di dalam kelompok serta sering terjadi debat dalam diskusi untuk
menentukan hasil yang terbaik. | en_US |