Show simple item record

dc.contributor.authorEfander, Ajis
dc.date.accessioned2023-05-12T00:02:18Z
dc.date.available2023-05-12T00:02:18Z
dc.date.issued2023-03-28
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2986
dc.description.abstractAjis Efander, 2022. “Implementasi Metode Teams Games Tournament Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII Di MTs Negeri Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh pembimbing I Dra. Etty Nurbayani, M. Pd dan pembimbingan II Dr. H. Achmad Ruslan Afendi, M. Ag Penelitian ini dilatar belakangi dengan mengangkat Metode Teams Games Tournament karna metode pembelajaran ini menerapkan metode pengajaran yang kreatif, asik, aktif dan memotivasi. Metode pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada masing masing kelompok yang sudah di buat untuk menjadi yang terbaik dengan memainkan game ataupun pemberian tugas yang sudah di sepakati anggota kelas dengan guru dan kelompok yang terbaik akan mendapatkan poin, niali dan hadiah sebagai hasil dari usahanya. Ini yang menjadi ciri khas daripada metode TGT ini Akibatnya peserta didik akan termotivasi dan semangat dalam belajar serta saling bersaing untuk membuktikan bahwa dia dan kelompoknya bisa menjadi yang terbaik. Walaupun dalam pelaksanaanya masih ada peserta didik yang kurang fokus dan kurang percaya diri pada saat proses belajar berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana metode TGT ini dapat terlaksana dengan baik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian berada di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Samarinda, dengan narasumber kepala madrasah, guru sejarah kebudayaan islam kelas VIII dan siswa kelas VIII di MTs Negeri Samarinda. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data terdiri dari empat tahap yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian Implementasi metode Teams Games Tournament pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kela VIII di MTs Negeri Samarinda yaitu guru memberikan pemahaman peserta didik agar guru mampu menguasai suasana keadaan di dalam kelas serta memudahkan guru dalam memberikan intruksi dalam pembelajaran. Pelaksanaan metode Teams Games Tournament membentuk kelomok yang di bentuk sesuai kesepakatan kelas, di berikan materi untuk di jelaskan, di diskusikan ataupun di buat tugas kelompok, untuk di tanyakan dan di presentasikan, yang berhasil dalam pembelajaran ini akan mendapatkan penghargaan berupa nilai ataupun hadiah. Penggunaan metode ini di dukung dengan semangat dan antusias peserta didik dalam belajar. Melatih kerja sama, meningkatkan kreatifitas dan sikap percaya diri. Sehingga materi yang di berikan dalam pembelajaran dapat di pahami dan menambah daya ingat peserta didik. Sedangkan yang menjadi penghambat nya adalah penggunaan waktu yang cukup lama, kelengkapan anggota kelompok yang dapat mempengaruhi hasil diskusi menjadi kurang maksimal dan masih ada peserta didik yang tidak fokus dan asik sendiri di dalam kelompok serta sering terjadi debat dalam diskusi untuk menentukan hasil yang terbaik.en_US
dc.publisherPAI FTIK UINSI Samarindaen_US
dc.subjectPENDIDIKAN ISLAMen_US
dc.subjectMETODE PEMBELAJARANen_US
dc.titleImplementasi Metode Teams Games Tournament Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII Di MTs Negeri Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record