dc.description.abstract | Halimah, 2019. “Kompetensi Leadership Guru Rumpun Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Sholat Siswa di MTs Al-Azhar Samarinda”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian Ini Dibimbing Oleh Dr. Hj. Fathul Jannah, M.SI Dan Dr. H. Ahmad Ruslan Afendi, M.Ag.
Penelitian ini berfokus Pada Kompetensi Leadership Guru Rumpun Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Sholat Siswa Di MTs Al-Azhar Samarinda. Kompetensi leadership diartikan sebagai kepemimpinan seorang dalam mendisiplinkan sholat. Oleh karena itu penggunaan kompetensi leadership bagi guru rumpun pendidikan agama Islam adalah sebuah keharusan dalam mendidik, membimbing dan melatih siswa agar terbiasa melaksanakan sholat. Untuk itu tujuan penelitian ini bagaimana kompetensi leadership guru rumpun pendidikan agama Islam dan bagaimana kompetensi leadership guru rumpun pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan sholat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kualitatif dengan Pendekatan Fenomenologi. Informan dalam penelitian ini guru rumpun pendidikan agama Islam dan informan pendukung lainnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalis menggunakan model analisis miles, huberman yakni kondensadi data, display data dan penarikan kesimpulan, untuk melihat keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi waktu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru rumpun Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan sholat siswa MTs Al-Azhar Samarinda menggunakan Kompetensi Leadership Perencanaan guru dalam meningkatkan kedisiplinan sholat melalui metode pembiasaan dengan adanya kerja sama antara kepala sekolah, guru-guru maupun orang tua. Pengorganisasian guru dalam meningkatkan kedisiplinan sholat yaitu membuatkan jadwal sholat, azan dan iqomah. Pelaksanaan guru dalam meningkatkan kedisiplinan sholat melalui pemberian reward kepada peserta didik agar lebih semangat. dan Pengawasan guru dalam meningkatkan kedisiplinan sholat dengan cara pengontrolan jurnal harian/absensi sholat untuk mengukur kedisiplinan siswa terhadap sholat di MTs Al-Azhar Samarinda. | en_US |