Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mencegah Perilaku Bullying pada Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Berau
Abstract
Nur Zahratun Sa‟adah, 2022. “Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mencegah Perilaku Bullying pada Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Berau” Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Nur Kholik Afandi, M.Pd dan Rudy Hadi Kusuma, M.Pd.
Pada tahun ajaran 2021/2022 semester ganjil, terdapat dua peserta didik yang melakukan perilaku bullying. Hal ini dikarenakan seorang siswa melaporkan tindakan mencontek kepada guru bimbingan dan konseling, oleh sebab itu peserta didik sebagai korban melapor karena mendapatkan perilaku bullying dari peserta didik sebagai pelaku, dan mengajak teman-teman yang berada di kelas untuk menjauhi/mengabaikan peserta didik sebagai korban. Akibat dari kejadian ini peserta didik sebagai korban dikucilkan dan tidak mau masuk sekolah. Berdasarkan pengalaman yang terjadi pada tahun ajaran 2021/2022 semester ganjil, maka guru bimbingan dan konseling memberikan layanan bimbingan kelompok yang berfungsi sebagai pencegahan perilaku bullying peserta didik kelas VII. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan layanan bimbingan kelompok dalam mencegah perilaku bullying pada kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Berau.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini yaitu, guru bimbingan dan konseling, tiga peserta didik yang telah mendapatkan layanan bimbingan kelompok, dan kepala madrasah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi: pengumpulan data, pemadatan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bimbingan dan konseling menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok dalam mencegah perilaku bullying. Terkait jenis perilaku bullying yang terjadi di Madrasah Tsanawiyah Negeri Berau adalah perilaku bullying verbal dan bullying relasional. Didapatkan hasil jika fenomena perilaku bullying yang terjadi di Madrasah Tsanawiyah Negeri Berau bahwa peserta didik memahami arti dan bahayanya perilaku bullying jika dilakukan. Hal tersebut didukung dari lembar evaluasi proses yang menunjukan bahwa peserta didik aktif bertanya, memberikan ide, saran, selama berdiskusi dengan anggota kelompok lain. Kemudian lembar evaluasi hasil yang diberikan kepada peserta didik menunjukkan jika peserta didik memahami dan dapat mencegah perilaku bullying