dc.description.abstract | Rena Selviana, 2022. “Hubungan Penggunaan Smartphone Dengan Konsentrasi Belajar Siswa Pendidikan Agama Islam di SMK Tunas EtamTenggarong Seberang”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiayah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Dr. Husni Idris, M.Pd selaku pembimbing I dan ibu Dr. Siti Noor Asiah, S.E., M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang ini di dasari oleh penggunaan smartphone pada siswa memiliki dampak positif dan dampak negatif terhadap konsentrasi belajar terkhusus di SMK Tunas Etam Tenggarong Seberang, permasalahan yang sering di jumpai oleh penggunaan smartphone dikalangan siswa ialah kecanduan dalam bermain game, menggunakan smartphone bukan pada waktu istirahat, untuk mencari kesenangan atau bahkan menghilangkan kejenuhan dan rasa mengantuk saat belajar tanpa sepengetahuan guru. Jika hal ini dilakukan secara terus-menerus maka dapat menggangu konsentrasi belajar siswa baik di rumah maupun di sekolah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Penggunaan Smartphone Dengan Konsentrasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Tunas Etam Tenggarong Seberang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 148 orang terdiri dari 5 kelas yaitu Teknik Otomotif A, Teknik Otomotif B, Tenik Otomotif C, Teknik Alat Berat, dan Teknik Informatika. Teknik Pengumpulan data yang digunakan yaitu pertama angket yang di sebar melalui googlefrom untuk menegtahui penggunaan smartphone pada siswa, kedua dokumentasi digunakan untuk memperoleh data yang sebenarnya, ketiga observasi digunakan untuk mendapatkan informasi yang riil atau nyata di lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus corelations product moment dan menguji hipotesis dengan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung 2.316 > t tabel 1.675 yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan (nyata) penggunaan smartphone dengan konsentrrasi belajar siswa. Kemudian nilai r sebesar 0.306 yang mengandung pengertian bahwa hubungan variabel x (penggunaan smartphone siswa) dengan variabel y (konsentrasi belajar siswa) adalah sebesar 9.3%. sedangkan nilai koefesien korelasi sebesar 0.306 yang jika di interpretasikan berada pada tingkat hubungan yang “rendah”. Jadi dapat peneliti simpulkan bahwa hubungan penggunaan smartphone dengan konsentrasi belajar siswa terdapat hubungan yang rendah, dengan kata lain hipotesis diterima | en_US |