Show simple item record

dc.contributor.authorAsuradiatni, Nia
dc.date.accessioned2023-06-06T02:27:01Z
dc.date.available2023-06-06T02:27:01Z
dc.date.issued2022-09-28
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3064
dc.description.abstractNia Asuradiatni, 2022. “Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Hasil Belajar PAI Pada Siswa di SMP Negeri 2 Kota Bangun”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh ibu Dra. Etty Nurbayani, M. Pd sebagai pembimbing I dan bapak Anwaril Hamidy, M. Pd sebagai pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi dari masalah siswa bahwa masih terdapat siswa yang kurang disiplin dalam proses pembelajarannya ketika guru memberikan tugas, siswa cenderung sengaja melambat-lambatkan proses pengerjaannya agar tugas tersebut tidak dikumpulkan di hari itu juga, siswa bebas keluar masuk kelas meskipun ada guru di dalam kelas, tidak memperhatikan guru ketika menjelaskan materi, dan siswa juga tidak menaati aturan sekolah seperti tidak memakai seragam dengan rapi. Selain itu karena hasil nilai ulangan harian siswa pada mata peajaran PAI rata-rata dibawah KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Kota Bangun. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Adapun populasi ialah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kota Bangun. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan, uji normalitas, analisis regresi linier sederhana, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kedisiplinan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Analisis regresi linier sederhana diperoleh hasil thitung 8,018 > ttabel sebesar 1,6606 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai R sebesar 0,627, maka diketahui pengaruhnya berada pada tingkat kuat. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,388, yang berarti bahwa terdapat pengaruh kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar PAI sebesar 38,8%. Sedangkan sisanya 61,2% hasil belajar PAI dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci : Pengaruh, kedisplinan siswa, hasil belajar.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPengaruh, kedisplinan siswa, hasil belajar.en_US
dc.titlePengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Hasil Belajar PAI Pada Siswa di SMP Negeri 2 Kota Bangunen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record