Show simple item record

dc.contributor.authorMiranda, Mely
dc.date.accessioned2023-06-08T01:47:52Z
dc.date.available2023-06-08T01:47:52Z
dc.date.issued2022-11-17
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3076
dc.description.abstractABSTRAK Mely Miranda, 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial TikTok Terhadap Kecenderungan Perilaku Sosial Remaja Di Sekolah Menengah Pertama(SMP) Negeri 35 Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pemberdayaan Masyarakat Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) SultanAji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Nurkholik Afandi, M.Pd. dan Amirullah, M.Ud. Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya penggunaan media sosial, terkhusus media sosial TikTok yang saat ini menjadi media sosial yang sangat digemari oleh berbagai kalangan dan menjadi salah satu media sosial dengan pertumbuhan tercepat. Layaknya media sosial lain, media sosial TikTok jugadapat membawa pengaruh yang positif dan negatif terhadap penggunanya khususnya terhadap perilaku sosial remaja. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial TikTok terhadap kecenderungan perilaku sosial remaja di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 35 Samarinda. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Adapun populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 35 Samarinda yang menggunakan atau pernah menggunakan media sosial TikTok. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang ditentukan menggunakan rumus lemeshow. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket danstudi pustaka. Adapun metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh thitung variabel penggunaan media sosial TikTok sebesar 13,385 dan ditemukan ttabel sebesar 1,984. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa thitung > ttabel (13,385 > 1,984). Selain itu, variable penggunaan media sosial TikTok memiliki tingkat signifikansi 0,000 < 0,05yang artinya signifikan. Serta dalam perhitungan koefisien determinasi diketahui sebesar 64,6% perilaku sosial dipengaruhi oleh penggunaan media sosial TikTok, sedangkan 35,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga dapat disimpulkanHa diterima dan Ho ditolak, yang artinya terdapat pengaruh antara penggunaan media sosial TikTok terhadap kecenderungan perilaku sosial remaja di SMP Negeri 35 Samarinda.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectMedia Sosial, TikTok, Perilaku Sosial Remajaen_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Media Sosial TikTokTerhadap Kecenderungan Perilaku Sosial Remaja Di Sekolah Menengah Pertama(SMP) Negeri 35 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record