Manajemen Pembelajaran Berbasis Kredit Semester Pada Madrasah Aliyah Istimewa Amanatul Ummah Pacet Mojokerto
Abstract
Rizki Amelia,2022.” Manajemen Pembelajaran Berbasis Sistem Kredit Semester Pada MA Istimewa Amanatul Ummah Pacet Mojokerto”. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda.Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Khojir, M. Si sebagai Pembimbing 1 dan Dr. ItyRukiyah, M. Si sebagai pembimbing 2.
Manajemen pembelajaran yang berbasis sistem SKS pada madrasah mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan bersaing dengan sekolah umum. Meskipun demikian, manajemen pembelajaran pada madrasah yang menerapkan sistem SKS terutama di pondok pesantren masih sedikit yang membahasnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran berbasis sistem SKS yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran pada MA Istimewa Amanatul Ummah Pacet Mojokerto.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan phenomenological research. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data oleh Miles Hubberman dan Saldana yang berupa, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan pertama, perencanaan pembelajaran berbasis sistem Sistem kredit semester (SKS) merupakan serangkaian kegiatan dalam hal persiapan baik dari segi bahan ajar, perangkat pembelajaran (RPP), dan media yang digunakan dalam pembelajaran berbasis sistem SKS. Kedua, pelaksanaan program Sistem Kredit Semester (SKS) yang mnegacu pada persiapan bahan ajar, perangkat pembelajaran (RPP), dan media yang digunakan meliputi: pemberian pelayanan kepada seluruh peserta didik, memberikan kemandirian peserta didik, penyusunan struktur kurikulum didasarkan pada nilai peserta didik, pengelompokan peserta didik yang dianalisis berdasarkan hasil belajar dan penilaian peserta didik didasarkan pada tugas yang telah ada pada setiap KD masing-masing mata pelajaran. Ketiga evaluasi yang dilakukan pada program Sistem Kredit Semester (SKS) meliputi briefing yang dapat dilakukan kapan saja sesuai dengan situasi dan kondisi, supervisi akademik terhadap guru yang dilakukan oleh kepala sekolah atau wakilnya, evaluasi akhir semester yang dilakukan untuk menganalisa kemampuan peserta didik, dan evaluasi mingguan yang dilakukan untuk mengetahui keberhasilan penerapan program SKS di MA Istimewa Amanatul Ummah Pacet Mojokerto.