Layanan Bimbingan Karir Dalam Mengembangkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa di SMA Negeri 1 Samarinda
Abstract
Irmayanti, 2022. “Layanan Bimbingan Karir dalam Mengembangkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa di SMA Negeri 1 Samboja”. Skripsi, Jurusan Pemberdayaan Masyarakat Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh bapak H. Bunyamin, Lc, M. Ag dan bapak Randi Muhammad Gumilang, M. Pd. I.
Latar belakang penelitian ini adalah guna mengetahui bagaimana layanan bimbingan karir mampu membantu para peserta didik untuk melakukan perencanaan karir tekait pilihan karirnya di masa depan dengan berdasarkan pada pemahaman terhadap kemampuan yang dimiliki serta bakat dan minat peserta didik. Melihat bagaimana kondisi dilingkungan sekolah itu sendiri yang mana terdapat beberapa perusahaan yang bisa dijadikan sebagai salah satu alasan untuk mempersiapkan diri bagi para peserta didik yang nantinya berminat untuk bekerja di perusahaan tersebut. Penelitian ini juga dilakukan guna melihat bagaimana layanan bimbingan karir di SMAN 1 Samboja bisa berjalan dengan baik karena dalam pelaksanaannya, bimbingan karir tersebut di bimbing langsung oleh guru BK yang memang memiliki kualifikasi sebagai sarjana BK. Hal ini menjadi poin penting dalam proses pelaksanaan bimbingan karir, karena melihat kondisi di wilayah Samboja masih banyak sekolah-sekolah yang belum memiliki guru BK dengan kualifikasi khusus sebagai sarjana BK.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model Miles dan Hubberman.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan karir yang diberikan disekolah SMAN 1 Samboja efektif dalam membantu peserta didik dalam merencanakan karir untuk kemudian memantapkan pilihan karir masa depan yang sesuai dengan kemampuan serta minat dan bakat peserta didik. Hal ini berdasarkan hasil dari asesmen teknik non tes, yakni wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap enam peserta didik guna mengetahui efektif tidaknya mengikuti layanan bimbingan karir terhadap keputusan akhir pemilihan karir peserta didik dengan indikator perencanaan karirnya berupa pemahaman terhadap wawasan dan persiapan karir, memahami pertimbangan alternatif pilihan karir, dan memiliki perencanaan karir di masa depan secara matang.