Show simple item record

dc.contributor.authorMujahidah, Arifah Nur
dc.date.accessioned2023-06-09T03:04:16Z
dc.date.available2023-06-09T03:04:16Z
dc.date.issued2022
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3089
dc.description.abstractArifah Nur Mujahidah, 2022. “Strategi Fundraising Dalam Penerimaan Dana Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Kota Samarinda”.Skripsi, Program Studi Manajemen Dakwah, Jurusan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Ida Suryani Wijaya M.Si dan Riswan M.Si. Latar belakang penelitian ini adalah strategi fundraising di sebuah lembaga zakat merupakan tumpuan awal yang sangat penting agar lembaga zakat tersebut mampu menjalankan kegiatan dan mencapai target penghimpunan dana yang diharapkan. BMH Kota Samarinda adalah salah satu lembaga amil zakat yang telah menjalankan strategi fundraising, dalam hal ini agar proses penghimpunan dana dapat tercapai dan program yang dibuat dapat terlaksana sesuai dengan tujuan BMH. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana strategi fundraising dalam penerimaan dana ZIS Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Kota Samarinda. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder, yang diperoleh langsung dari observasi, wawancara, juga dokumentasi. Dalam mencari dan menyusun data, menggunakan tahap analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan dari penelitian ini bahwa strategi fundraising ZIS yang dilakukan BMH Kota Samarinda melalui beberapa tahap, pertama perumusan strategi bahwasanya perumusan strategi fundraising dilakukan oleh BMH Pusat, sehingga BMH Kota Samarinda langsung menjalankan strategi yang dibuat sesuai visi dan misi BMH, kedua implementasi strategi yaitu melalui strategi pelayanan dan promosi dengan cara direct fundraising dan indirect fundraising, strategi program-program BMH, dan strategi kerjasama mitra penghimpunan BMH Kota Samarinda, ketiga evaluasi strategi melalui kegiatan pagi rutinan di BMH Kota Samarinda, lalu evaluasi pertiga bulan oleh BMH Perwakilan Kaltim, dan evaluasi dalam Rakor. Dari strategi fundraising yang diterapkan, bahwa strategi fundraising BMH Kota Samarinda sudah aktif dan berjalan dengan baik dapat dilihat dari realisasi penerimaan dana ZIS yang cukup meningkat setiap tahunnya, meskipun belum mencapai target penerimaan ZIS yang ditentukan, disebabkan beberapa faktor yang terjadi pada BMH Kota Samarinda. Adapun analisis SWOT yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa strategi fundraising yang dilakukan BMH Kota Samarinda berada pada kuadran I yaitu posisi menguntungkan, artinya BMH mempunyai kekuatan dan peluang sehingga mampu memanfaatkan peluang untuk melakukan ekspansi dalam upaya fundraising ZISnya, dan rekomendasi SWOT yang diberikan yakni dengan melakukan penguatan pada program-program kegiatan unggulan ZIS, meningkatkan trust muzakki dan donatur dengan transparansi berupa laporan atau dokumentasi penyaluran, meningkatkan pemanfaatan media sosial sebagai media fundraising, serta memperkuat sinergi dengan mitra kerjasama penghimpunan dalam realisasi program-program BMHen_US
dc.publisherManajemen Dakwah FUAD UINSI Samarindaen_US
dc.subjectPengelolaan Zakat, Infaq, dan Sedekahen_US
dc.titleStrategi Fundraising Dalam Penerimaan Dana Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Kota Samarindaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nim1841913019


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record