Show simple item record

dc.contributor.authorWahyuni, Sri
dc.date.accessioned2023-06-14T01:47:49Z
dc.date.available2023-06-14T01:47:49Z
dc.date.issued2023-04-11
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3104
dc.description.abstractABSTRAK Sri Wahyuni, 2023. “Pengaruh Penerapan Mata Kuliah Micro Teaching Terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan di Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dra. Etty Nurbayani, M. Pd dan Ibu Imroh Atul Musfiroh, M. Pd. I. Latar belakang penelitian ini berasal dari variasi sistem pengajaran yang diterapkan oleh para dosen pada mata kuliah micro teaching. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari bentuk praktik maupun teknis pelaksanaan micro teaching. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas keterampilan mengajar mahasiswa, diukur dari praktik kerja lapangan yang dilakukan kurang lebih 3 bulan di lembaga pendidikan tertentu. Sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan mata kuliah micro teaching terhadap keterampilan mengajar mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan di Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto. Penelitian ini menggunakan dua teknik sampel yaitu purposive sampling dan stratified random sampling, rumus perhitungan sampel Taro Yamane didapatkan 78 mahasiswa dari 11 kelas program studi Pendidikan Agama Islam (PAI), dengan karakteristik mahasiswa lulus pada mata kuliah micro teaching, mahasiswa aktif 2019, dan telah melaksanakan PKL. Instrumen penelitian ini yaitu angket. Data penelitian pada variabel keterampilan mengajar mahasiswa menunjukkan bahwa keterampilan mengelola kelas berada pada taraf terendah sebesar 80% dari delapan keterampilan yang diujikan. Penelitian ini menggunakan beberapa uji analisis data. Pertama, hasil uji normalitas 0,078 yang artinya lebih besar dari signifikansi 0,05, sehingga nilai residual pada penelitian berdistribusi normal. Hasil uji korelasi product moment didapatkan rhitung 0,580 > rtabel 0,22, yang artinya korelasi variabel berapa pada tingkat interpretasi yang cukup kuat. Selanjutnya, uji T (hipotesis), rhitung 6,206 > rtabel 1,991, yang artinya Ha diterima, dengan perhitungan koefisien determinasi 33,7%. Sehingga dari data penelitian di atas, disimpulkan bahwa penerapan mata kuliah micro teaching memiliki pengaruh terhadap keterampilan mengajar mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan di Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Kata Kunci: Pengaruh, Micro Teaching, Keterampilan Mengajar Mahasiswa.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPengaruh, Micro Teaching, Keterampilan Mengajar Mahasiswa.en_US
dc.titlePengaruh Penerapan Mata Kuliah Micro Teaching Terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan di Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record