dc.description.abstract | Achmad Ruslan Afendi : Peranan Harun Nasution Dalam Pembaharuan Pendidikan Tinggi Islam di Indonesia. Promotor : Prof. Dr. H. Imam Bawani, MA, dan Prof. Dr. H. Muhaimin, MA. Disertasi ini bersifat Bibliografi research, Metode yang digunakan dalam pencarian data adalah penelitian kepustakaan dengan membaca buku-buku karya Harun Nasution sendiri (sebagai data primer) dan buku-buku yang ditulis mengenai pemikiran Harun Nasution (sebagai data sekunder) berupa pendapat, komentar yang menilai gagasan, pandangan, tipologi atau corak pemikiran harun Nasution tentang masalah pembaharuan pendidikan tinggi Islam di Indonesia. Dalam menganalisa data, menggunakan analisis isi (content analysis). Analisis isi disini dimaksudkan melakukan analisis terhadap makna yang terkandung dalam keseluruhan pemikiran Harun Nasution tentang pendidikan tinggi Islam di Indonesia secara komprehensif dipelukan kemampuan untuk memahami karakteristik pemikirannya yang cenderung dominan bicara ke masalah teologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Harun Nasution adalah seorang pembaharu pendidikan tinffi Islam di Indonesia, yang kontribusinya terhadap perkembangan pemikiran Islam di Indonesia, adalah hasil dari dialog anta ra dia dengan lingkungan. Kematangan dalam lapangan pemikiran keagamaan, mebuat- ide-ide dan gagasan pemikirannya diminati dan ia semakin mapan menempatkan dirinya sebagai seorang pembaharu yang objektif dan kritis, meskipun untuk itu ia harus membayar mahal seperti dituduh Mu'tazilah, mengacaukan bangunan tradisi pemikiran Islam yang sudah mapan, bahkan dituduh keluar dai agama Islam. | en_US |