Implementasi Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) di KB dan TK Islam Silmi Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Inna Zakiyah, 2023, “Implementasi Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) di KB dan TK Islam Silmi Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh ibu Mujahidah S.Ag, S.Psi, M.Si, CH dan ibu Sunanik, M.Pd.I
Latar belakang penelitian yaitu manusia menghadapi banyak tantangan hidup sehingga perlunya sumber daya manusia berkualitas yang harus dimulai sejak dini. Pada tahun 2013, pemerintah membuat kebijakan pembangunan PAUD melalui pendekatan inklusif komprehensif melalui keputusan presiden nomor 60 Tahun 2013 pasal 1 ayat 2. Adanya pengembangan anak usia dini holistik integrative (PAUD HI) yaitu program upaya pemerintah untuk menghadirkan layanan yang menyeluruh dan mendorong adanya koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk menghadirkan layanan PAUD HI. Sekolah ini sudah mulai menerapkan program PAUD HI, karena menyadari pentingnya membangun sumber daya manusia yang unggul untuk generasi emas, dimana salah satunya adalah menjadikan sekolah sebagai wadah pelayanan pengembangan anak usia dini secara menyeluruh dan terpadu mulai dari layanan pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, perlindungan dan kesejahteraan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pengembangan anak usia dini holistik integratif serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat di KB dan TK Islam Silmi Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Menggunakan pendekatan fenomologi. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman, dan prosesnya dimulai dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa KB dan TK Islam Silmi Samarinda telah melaksanakan lima layanan yaitu layanan pendidikan, Kesehatan, Gizi dan Perawatan, pengasuhan, perlindungan dan kesejahteraan dengan baik. Hal ini dapat dilihat terpenuhinya komponen dan indikator keberhasilan PAUD HI meskipun beberapa indikator kurang maksimal pada layanan pengasuhan dan perlindungan. Faktor pendukung pelaksanaan program ini yaitu adanya kerjasama dengan dinas pendidikan, puskesmas dan orang tua, IGTKI, prasarana yang memadai serta menggunakan pendekatan dan metode pembelajaran yang tepat, persiapan yang matang, adanya aturan kesepakatan bersama anak, fasilitas kesehatan yang memadai, pemahaman, kepedulian, pola asuh, komunikasi dengan orang tua yang baik. Prasarana yang memadai, adanya piket guru, sarana yang aman di dalam kelas, adanya bantuan dana operasional dan menerima anak yang berkebutuhan khusus. Faktor penghambatnya yaitu kurangnya persiapan, partisipasi orang tua, kesibukan orang tua, cuaca yang kurang mendukung, sarana permainan di luar yang kurang memadai dan belum adanya kerjasama dengan pihak kepolisian dan dinas kependudukan dan pencatatan si