Penerapan Metode Brainstorming Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Plus Melati Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Noer Latifah, 2018, Penerapan Metode Brainstorming Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Plus Melati Samarinda. Skripsi Program Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Khojir, M. SI dan Ibu Khusnul Khotimah, M. Si.
Latar belakang terangkatnya penelitian skripsi ini adalah karena tidak semua metode pembelajaran tepat digunakan dalam proses pembelajaran dan tidak semua metode juga dapat membuat peserta didik menjadi aktif dalam proses pembelajaran, metode brainstorming ini merupakan salah satu metode yang melibatkan peserta didik secara langsung untuk dapat memberikan ide atau pendapatnya. Metode pembelajaran yang digunakan dalam SMP Plus Melati khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yaitu salah satunya dengan metode brainstorming yang sering diterapkan oleh guru PAI karena guru PAI menganggap metode brainstorming memiliki banyak manfaat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode brainstorming dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Plus Melati Samarinda dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam metode brainstorming di SMP Plus Melati Samarinda.
Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, adapun analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru PAI, Siswa kelas VIII dan staf TU SMP Plus Melati Samarinda serta secara langsung pengamatan dari peneliti. Uji keabsahan data yaitu menggunakan triangulasi sumber.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa proses penerapan metode brainstorming dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Plus Melati Samarinda sudah dilaksanakan dengan baik seperti tahapan dalam penggunannya. Guru PAI melaksanakan pembelajaran dengan mempersiapkan pembelajaran yang sudah dimuat dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), melaksanakan tahapan dalam menggunakan metode brainstorming, dan menyiapkan bahan dan materi yang akan disampaikan pada peserta didik.