Strategi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Pada SMA IT Alhidayah Kota Tenggarong
Abstract
ABSTRAK
Kurnia A. Strategi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Pada SMA IT Alhidayah Kota Tenggarong. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda dibawah bimbingan Drs. Khairul Saleh M. Ag selaku pembimbing I dan M. Ridho Muttaqin M. Pd. I selaku pembimbing II.
Strategi Pembelajaran baca tulis Al-Qur’an Pada SMA IT Al-hidayah kota tenggarong sangat penting dalam membantu siswa mengembangkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an dengan baik. Strategi pembelajaran baca tulis AlQur’an seharusnya didasarkan pada pemahaman yang mendalam mengenai AlQur’an serta prinsip-prinsip pengajaran yang efektif. Oleh karena itu dengan demikian untuk mengetahui strategi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an yaitu pertama, pendekatan pembelajaran yang dipusatkan pada peserta didik, kedua, menggunakan teknologi pembelajaran interaktif, ketiga, memperhatikan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an , keempat pengajaran yang terpadu dengan kurikulum, kelima penerapan metode pembelajaran yang aktif. Tujuan peneitian ini ialah guna menjelaskan bagaimana strategi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an pada SMA IT Al-hidayah Kota Tenggarong.
Penelitian ini tergolong penelitian lapangan (field research) yang berjenis kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ialah kepala sekolah, guru baca tulis Al-Qur’an , data primer bersumber dari siswa sedangkan data sekunder bersumber dari dokumen-dokumen. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Data tersebut dianalisis dan diolah melewati 3 tahap, yakni kondensasi data, display data, serta penarikan kesimpulan. Tringulasi dilakukan untuk menguji keabsahan data tersebut.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa strategi pembelajaran dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SMA IT Al-hidayah Kota Tenggarong meliputi pertama yaitu perencanaan, yang diikuti oleh seluruh ustadz dan ustadzah dalam mengambil kebijakan dan keputusan, kedua pelaksanaan, pembagian materi dan tugas setiap kelas berbeda sesuai dengan tingkatannya, ketiga yaitu evaluasi guru BTA memberikan tugas dan menilainya pada pekan depan. Dengan melihat kemampuan siswa dalam membaca dan menulis Al-Qur’an , maka pembelajaran baca tulis Al-Quran pada SMA IT Al-hidayah Kota Tenggarong menjadi hal yang sangat penting. Maka hasil yang diperoleh dalam menerapkan strategi pembelajaran dalam pembelajaran BTA yakni perencanaan, pelaksanaan serta penilaian pembelajaran harus ditetapkan dengan tepat agar pembelajaran bias dicapai dengan efisien dan efektif. Jenis strategi yang digunakan yaitu strategi pembelajaran ekspositori dan inkuiri.