Pengaruh Kegiatan Keagamaan Terhadap Perilaku Sosial Siswa di MTs Darussalam Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Ratih Purwasih. Pengaruh Kegiatan Keagamaan Terhadap Perilaku Sosial Siswa di MTs Darussalam Samarinda, Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Program Studi Pendidikan Agama, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Siti Julaiha, S.Ag, M.Pd sebagai pembimbing I dan Ibu Indriana Rahmawati, M.Pd sebagai pembimbing II.
Keadaan atau kondisi real di MTs Darussalam Samarinda berdasarkan survei peneliti, bahwasanya siswa-siswi rutin dan tekun melaksanakan kegiatan keagamaan seperti sholat Dhuha dan Zuhur berjamaah, membaca tadarus Al-Qur’an setelah sholat Dhuha, melaksanakan kegiatan muhadharah setiap hari Senin sampai dengan hari Kamis sebelum melaksanakan sholat Zuhur berjamaah, membaca Yasin setiap hari Jum’at dan bersedekah setiap hari Jum’at maupun mengadakan penggalangan dana apabila ada anggota keluarga yang meninggal dunia, adanya korban kebakaran, ataupun kebanjiran. Beberapa kegiatan tersebut adalah bentuk perilaku sosial atau keperdulian terhadap sesama.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa/i Madrasah Tsanawiyah Darussalam yang berjumlah 173 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 63 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random dan menentukan ukuran sampel menggunakan teknik slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket atau kuisioner, dan dokumentasi. Dalam hal ini, data dianalisis dengan statistik deskriptif dengan menggunakan korelasi product moment, koefisien determinan dan uji t.
Berdasarkan analisis dan pembahasan hasil penelitian mengenai pengaruh kegiatan keagamaan terhadap perilaku sosial siswa di MTs Darussalam Samarinda dapat ditarik kesimpulan bahwasanya, hasil data menggunakan rumus korelasi product moment untuk mencari seberapa besar pengaruhnya. Maka dengan ini diketahui hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh antara kegiatan keagamaan terhadap perilaku sosial siswa sebesar 0,648 yang apabila diinterpretasikan dengan tabel r berada diantara 0,600-0,799 berarti tingkat pengaruhnya sedang atau cukup. Pembuktian hipotesis dengan menguji signifikansi menggunakan rumus uji t, diperoleh nilai thitung = 4,691 > ttabel = 1,671 sehingga Hα diterima bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kegiatan keagamaan terhadap perilaku sosial siswa di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Samarinda dengan nilai koefisien korelasi (r) = 0,648 dapat dimaknai bahwa besarnya sumbangan kegiatan keagamaan terhadap perilaku sosial siswa di MTs Darussalam Samarinda sebesar 41,5% dan sisanya 58,5% adalah sumbangan dari variabel lain di luar variable kegiatan keagamaan.