Problematika Penerapan Metode Demonstrasi pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs PPKP Ribathul Khail Tenggarong
Abstract
ABSTRAK
Eva Al Fathonah, 2023. Problematika Penerapan Metode Demonstrasi pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs PPKP Ribathul Khail Tenggarong. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dra. Etty Nurbayani, M.Pd dan Ibu Yunita Noor Azizah, M.Pd.I.
Metode demonstrasi yang digunakan guru fiqih dalam pembelajaran pada materi tertentu seperti pengurusan jenazah dan penyembelihan hewan qurban memunculkan beberapa masalah seperti waktu yang tidak cukup, media yang tidak memadai, tidak semua siswa memperhatikan dan ikut mendemonstrasikan serta gaya belajar siswa yang berbeda. Dari hasil pengamatan, ternyata banyak masalah-masalah yang dihadapi guru, baik dari segi persiapan, pelaksanaan, siswa dan lain sebagainya. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan masalah dan solusi dalam penerapan metode demonstrasi di MTs PPKP Ribathul Khail Tenggarong.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan sumber data primernya adalah 1 guru fiqih dan 16 siswa di MTs PPKP Ribathul Khail Tenggarong, sedangkan sumber data sekundernya adalah silabus, rpp dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dari tiga teknik tersebut kemudian diperiksa keabsahan datanya dengan menggunakan triangulasi dengan uji teknik dan uji sumber. Setelah itu, data dianalisis dengan tahapan kondensasi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa masalah-masalah dalam penerapan metode demonstrasi di MTs PPKP Ribathul Khail Tenggarong adalah perencanaan pembelajaran yang belum terstruktur dengan baik berupa belum tertulis sintaks metode demonstrasi, media yang kurang memadai, ruang kelas yang kurang mendukung dan karakteristik siswa yang berbeda meliputi adanya siswa yang berkebutuhan khusus dan siswa yang belum bisa membaca tulisan arab. Adapun solusi dalam mengatasi masalah-masalah tersebut adalah guru membuat RPP yang sesuai dengan pelaksanaan pembelajaran yang ingin diterapkan, sekolah melengkapi media pembelajaran, membuat ruang kelas yang mendukung dan mengadakan guru pendamping khusus untuk anak berkebutuhan khusus serta memberikan pembelajaran remedial untuk membantu siswa agar bisa membaca tulisan arab.