Implementasi Penggunaan Media Boneka Tangan dalam Mengembangkan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini di TK Salsabila Bengkuring Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Qoonita Hayyu Safarin, 2023. “Implementasi Penggunaan Media Boneka Tangan dalam Mengembangkan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini di TK Salsabila Bengkuring Samarinda”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Mujahidah, M.Si selaku pembimbing I dan Nurwati, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kegiatan bercerita dengan menggunakan media boneka tangan sebagai alat penunjang kegiatan untuk mencapai perkembangan keterampilan berbicara anak. Hal tersebut berimplikasi dalam pembelajaran anak khususnya kepada guru untuk menggunakan media yang bervariasi agar anak menjadi tertarik dan lebih antusias lagi dalam mengikuti pembelajaran. Salah satu medianya ialah boneka tangan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi penggunaan media boneka tangan dalam mengembangkan keterampilan berbicara anak usia dini di TK Salsabila Bengkuring Samarinda dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan media boneka tangan di TK Salsabila Bengkuring Samarinda Samarinda.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, pendekatan penelitian menggunakan fenomenologi. Sumber data primer adalah kepala sekolah, dan guru TK Salsabila Bengkuring Samarinda dan sumber data sekunder adalah data yang mendukung seperti dokumen, laporan, serta hasil yang bersifat relevan. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan model Miles Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan implementasi penggunaan media boneka tangan dalam mengembangkan keterampilan berbicara anak usia dini di TK Salsabila Bengkuring Samarinda dilakukan dengan langkah sebagai berikut, pertama perencanaan yaitu berisi guru mempersiapkan RPPH, guru mempersiapkan kegiatan bercerita menggunakan media boneka tangan sesuai dengan tema dan tujuan yang dipilih, guru menyediakan media atau bahan untuk melakukan kegiatan bercerita menggunakan media boneka tangan, kedua pelaksanaan yaitu guru memusatkan perhatian seperti menunjuk pada gambar diikuti dengan penjelasan lisan yang baik, pembelajaran dilakukan pada tema binatang sub tema binatang hidup di darat dengan kegiatan bercerita monyet yang serakah, gurita yang cerdik, dan burung hantu yang malas, anak dapat melanjutkan cerita atau dongeng yang telah diperdengarkan dengan menggunakan media boneka tangan, ketiga evaluasi yaitu guru melakukan evaluasi terhadap anak untuk memperoleh tujuan pencapaian, setiap anak memiliki tingkat perkembangan yang berbeda. Ada anak yang berkembang pesat dan ada pula yang masih perlu banyak bimbingan. Hampir semua anak sudah berkembang kemampuan berbicaranya dengan diterapkannya media boneka tangan sebagai penunjang dalam kegiatan bercerita. Hanya sedikit sekali anak yang masih perlu banyak bimbingan oleh guru dalam bercerita. Guru terbantu dengan adanya media boneka tangan, karena dengan boneka tangan anak-anak lebih leluasa mengungkapkan apa yang diketahuinya, evaluasi menggunakan alat penilaian berupa skala penilaian ceklis, dan catatan anekdot, serta faktor pendukung implementasi penggunaan media boneka tangan yaitu kelengkapan sarana dan prasarana yang ada disekolah, alat dan bahan, dan penguasaan guru terhadap materi, Faktor penghambatnya yaitu kondisi anak, kondisi kelas, media pembelajaran yang kurang memadai.