Implementasi Program Tuntas Membaca Al-Qur’an Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) At-Taqwa Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Fitri Yus Handayanti, 2023, “Implementasi Program Tuntas Membaca Al-Qur’an Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) At-Taqwa Samarinda” Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbingan oleh Dr. Hj. Robingatin, M.Ag selaku pembimbing I dan Indriana Rahmawati, M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang permasalahan pada penelitian adalah berdasarkan pengamatan peneliti mengenai kesulitan membaca Al-Qur’an siswa yang sangat beragam yaitu kesulitan dalam pelafalan makharijul huruf, kaidah tajwid dan kelancaran bacaan dalam membaca Al-Qur’an sehingga membuat madrasah harus melaksanakan suatu kegiatan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Oleh sebab itu diperlakukannya implementasi program tuntas membaca Al-Qur’an dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an siswa dapat mencapai indikator dalam kesulitan membaca Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi program tuntas membaca Al-Qur’an dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an siswa dengan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi serta terdapat juga faktor pendukung dan penghambat program tuntas membaca Al-Qur’an.
Penelitian ini dilakukan di MTs At-Taqwa Samarinda menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan keabsahan data triangulasi teknik dan triangulasi sumber yang telah dikumpulkan akan dianalisis secara kualitatif dengan cara kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi Program Tuntas Membaca Al-Qur’an dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Siswa Madrasah Tsanawiyah At-Taqwa (MTs) Samarinda berjalan dengan meliputi perencanaan yaitu melaksanakan tes kompetisi membaca Al-Qur’an, merekap data-data siswa, dan memahami kesulitan yang dialami oleh siswa, pelaksanaan antara lain meliputi situasi pembelajaran yang kondusif, memotivasi siswa, memberikan bimbingan dan menggunakan metode pembelajaran yang memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran membaca Al-Qur’an, sedangkan evaluasi meliputi tes membaca Al-Qur’an pada setiap akhir semester untuk mengetahui siswa dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an. 2) Faktor pendukung dari Implementasi Program Tuntas Membaca Al-Qur’an dalam
Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Siswa Madrasah Tsanawiyah (Mts) AtTaqwa Samarinda yaitu madrasah memfasilitasi program tuntas membaca AlQur’an dengan menyediakan sarana dan prasana yang digunakan dalam proses pembelajaran membaca Al-Qur’an, guru pembina yang memiliki kompetisi dalam pengajaran membaca Al-Qur’an serta motivasi. Sedangkan untuk factor penghambatnya yaitu kemampuan siswa yang bervariasi, keterbatasan waktu, terdapat juga siswa yang malas, serta siswa yang kurang mendapatkan perhatian dari orang tuanya.