dc.description.abstract | ABSTRAK
Fachreza Achmady, 2023. “Implementasi Program Keagamaan Dalam Pembentukan Karakter Sosial Siswa MTs Al-Azhar Samarinda”. Skripsi. Program Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda, Penelitian ini dibimbing oleh Dra. Etty Nurbayani, M.Pd dan Imroh Atul Musfiroh, M.Pd.I
Latar belakang dari penelitian ini adalah bahwa di MTs Al- Azhar Samarinda peneliti menemukan adanya program–program keagamaan di Madrasah yaitu sholat dhuha, sholat dzuhur, tilawati, majelis taklim dan program infaq. Disini peneliti ingin mengetahui program keagamaan yang di laksanakan dan apa saja faktor penghambat dan pendukung program yang dilakukan dalam upaya pembentukankarakter sosial siswa MTs Al-Azhar Samarinda.
Adapun metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di MTs Al-Azhar Samarinda. Adapun Sumber data diperoleh dari Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru Aqidah Akhlak dan Siswa. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif, yaitu berupa kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian ini adalah: Program keagamaan yang dilaksanakan madrasah dalam rangka pembentukan karakter sosial kepadasiswanya adalah melalui program keagamaan infaq. Dengan adanya program infaq ini muncul sikap saling tolong menolong dan kepekaan siswa terhadap lingkungan sekitar. Program keagamaan infaq ini dilakukan setiap hari selasa dan jum’at dalam pelaksanaanya guru terlebih dahulu menyampaikan manfaat berinfaq kemudian hasil infaq itu di berikan lalu setelah itu siswa melakukan infaq. Dalam pelaksanaan program keagamaan infaq pihak madrasah melakukan sosialisasi kepadawali murid agar program ini berjalan dengan baik. Bentuk evaluasi yangdi lakukan sekolah dalam pelaksanaan program infaq dengan meminta laporan di setiap bulannya dari guru yang sudah diberi tanggung jawab untuk mengkoordinir program infaq tersebut. Adapun faktor pendukung adalah tersedianya sarana dan prasarana yang memadai seperti aula madrasah, musholla dan kelas tempat di laksanakannya program keagamaan, manajemen pengelolan yang baik dari, setiap program keagamaan sudah ada guru yang menjadi penanggung jawab dan yang terakhir adanya kerja sama antara pihak madrasah, murid dan wali murid tentunya menjadi salah satu faktor pendukung lancarnya program keagamaan. Faktor penghambat tentunya dari diri siswa sendiri karena masih ada beberapa siswa yang tidak mengikuti dengan baik arahan dari para guru, siswa belum tergerak hatinya untuk berinfaq. | en_US |