Efektivitas Penggunaan Metode Reading Aloud Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Ash- Shabirin Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Fitri Utami Pratiwi, 2023. “Efektivitas Penggunaan Metode Reading Aloud Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Ash- Shabirin Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda, Penelitian ini dibimbing oleh Drs.Khairul Shaleh, M.Ag. dan Sunanik, M.Pd.I.
Latar belakang penelitian ini disebabkan karena rendahnya hasil belajar siswa kelas IX di MTs Ash-Shabirin Samarinda dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Hal ini dapat dilihat dari data hasil belajar siswa yang masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Rata-rata hasil belajar siswa kelas IX MTs yang keseluruhannya berjumlah 100 siswa hanya 69 orang siswa yang lulus KKM, siswa juga kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, peneliti menduga hal ini berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektif atau tidak penggunaan metode reading aloud terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Ash-Shabirin Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi yang digunakan ialah seluruh siswa kelas IX MTs Ash-Shabirin Samarinda. Sampel pada penelitian ini kelas IX A MTs dan IX C MTs. Desain penelitian yang digunakan ialah pretest-posttest control group design, yakni untuk mengetahui adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dengan menggunakan metode reading aloud dan kelas kontrol tanpa menggunakan metode reading aloud. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Teknik keabsahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, taraf kesukaran soal, serta daya pembeda yang diselesaikan dengan bantuan aplikasi IBM SPSS version 24 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam menggunakan metode reading aloud lebih tinggi daripada tanpa menggunakan metode reading aloud. Hal ini dapat dilihat melalui hasil perhitungan nilai rata-rata kelas eksperimen pada tes awal adalah 31,2 dan tes akhir 89,68. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol pada tes awal adalah 48,52 dan tes akhir adalah 85.2. Hasil uji normalitas pada hasil belajar pretest Sejarah Kebudayaan Islam pada kelas eksperimen memiliki taraf signifikan sebesar 0,73 dan hasil belajar possttest kelas ekperimen memiliki nilai signifikan sebesar 0,70. Hasil rekapitulasi uji homogenitas hasil belajar pretest sejarah kebudayaan Islam pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai signifikan sebesar 0,379 dan hasil belajar posstest sejarah kebudayaan islam pada kelas eksperimen dan kelas control diperoleh nilai signifikan sebesar 0,400. Hasil possttest uji independent sample ttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki nilai siginifikan 0,021 < 0,05 maka bisa dinyatakan bahwa Ha diterima dn Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode reading aloud efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Ash-Shabirin Samarinda.