Pengaruh Program Literasi Al-Qur`an terhadap Peningkatan Akhlak Siswa di SMP Negeri 4 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Mukhlishah Azzahra, 2023. “Pengaruh Program Literasi Al-Qur`an terhadap Peningkatan Akhlak Siswa di SMP Negeri 4 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Suratman, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Atika Muliyandari, M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah terkait akhlak siswa yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Kejadian yang ada di negeri kita, memperlihatkan gejala mengkhawatirkan terkait generasi bangsa untuk kedepannya. Sudah sepatutnya dalam pembentukan akhlak siswa, sekolah dapat mengambil peran karena siswa lebih banyak menghabiskan waktunya berada di lingkungan sekolah dari pada di tempat lain. Pelaksanaan gerakan literasi sekolah (GLS) yang diterbitkan melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang perkembangan kegiatan literasi dalam penumbuhan budi pekerti. Salah satunya seperti pembiasaan literasi berupa membaca Al-Qur`an agar terciptanya suatu generasi cinta Al-Qur`an yang berakhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh program literasi Al-Qur`an terhadap peningkatan akhlak siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, populasi pada penelitian ini menggunakan seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Samarinda yang berjumlah 337 siswa. Dalam menentukan sampel, peneliti menggunakan rumus slovin sehingga sampel yang akan diambil sebanyak 77 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data peneliti menggunakan korelasi product moment, uji koefisien determinan, dan uji t.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai rxy sebesar 0,654 yang mana bila dikonsultasikan pada rtabel dengan taraf signifikansi sebesar 5% dan df = 75 besarannya 0,224. Hal ini menunjukkan rtabel lebih besar dari rhitung, sehingga adanya hubungan positif antara variabel X (Program Literasi Al-Qur`an) dan variabel Y (Peningkatan Akhlak Siswa). Nilai R square sebesar 0,427 menunjukkan bahwa presentase dari pengaruh program literasi Al-Qur`an terhadap peningkatan akhlak siswa sebesar 42,7%, sementara 57,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Kemudian dari hasil uji t menunjukkan nilai thitung > ttabel yaitu 7,486 > 1,665 maka H0 ditolak dan Ha diterima, dari sini dapat ditarik kesimpulan bahwa program literasi Al-Qur`an berpengaruh terhadap peningkatan akhlak siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Samarinda.