Pengaruh Media Interaktif Autoplay Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Salsabilla Rizkya Ananda Ismail, 2023. “Pengaruh Media Interaktif Autoplay Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda Penelitian ini di bimbing oleh Bapak Prof. Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Ibu Rabiatul Adawiyah, M.Pd selaku dosen pembimbing II.
Perkembangan multimedia dan teknologi baru lainnya menyebakan proses pembelajaran beralih dari instruksi berbasis konvensional menuju instruksi berbasis teknologi. Oleh karena itu, semua jenis pembelajaran termasuk PAI perlu diarahkan pada pemanafaatan teknologi. Adapun jenis teknologi yang hingga saat ini ramai digunakan ialah teknologi segi multimedia yang dianggap dapat dimanfaatkan dalam mengatasi masalah belajar pada siswa. Software Autoplay menjadi ssalah satu diantara jenis ICT yang dapat menggabungkan beberapa media. Sehingga tujuan penelitian ini ialah guna mengetahui apakah multimedia interaktif autoplay berpengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain grub kontrol pretest-posttest dan populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Samarinda. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji independent sampel t tes dan uji normalized gain (N-gain).
Diketahui dari hasil penelitian bahwa kelas eksperimen dan kelas control berbeda satu sama lain. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 50,32 dan rata-rata nilai posttest 81,70, serta rata-rata nilai pretest kelas kontrol 47,29 dan rata-rata nilai posttest 58,74. Hasil uji N-Gain juga mendukung hal tersebut, menunjukkan rata-rata peningkatan kelas eksperimen sebesar 64,2%, sedangkan peningkatan rata-rata kelas kontrol sebesar 21%. Demikian juga hasil uji-t menunjukkan bahwa ha diakui dengan alasan bahwa nilai-t adalah 8,702 dengan sig 0,000, nilai ini di bawah 0,05. Peningkatan tersebut diperkuat oleh hasil observasi berupa peningkatan pada proses pembelajaran ditandai dengan aktifnya siswa serta pembelajran yang efektif dan efisien. Sehingga disimpulkan media interaktif autoplay berpengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan pengaruh sebesar 7,144 dimana nilai ini termasuk dalam kriteria tinggi.