Hubungan Gaya Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Minat Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Fastabiqul Khairat Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Syahra Alvinuraini Pratiwi, 2023. “Hubungan Gaya Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Minat Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Fastabiqul Khairat Samarinda”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Peneliti dibimbing oleh Dr. Husni Idris, M.Pd, selaku dosen pembimbing I dan Dr. H. Achmad Ruslan Afendi, M.Ag, selaku dosen pembimbing II.
Gaya Belajar adalah cara kita berpikir, memproses, dan memahami informasi. Ada tiga jenis utama yaitu gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestik. Peserta didik biasanya memiliki kombinasi gaya belajar atau terdapat ssatu yang dominan. Minat adalah suatu rasa suka, senang dan keterikatan terhadap sesuatu atau suatu kegiatan yang menyebabkan seseorang melakukan sesuatu tanpa disuruh. Semakin kuat hubungannya dengan sesuatu, semakin kuat minat untuk melakukannya. Beberapa siswa masih ada yang belum mengetahui gaya belajar yang lebih cenderung pada diri pesera didik masingmasing sehingga turunnya minat belajar. Maka dari ini penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara gaya belajar mata pelajaran PAI dengan minat belajar siswa kelas VII di SMP Fastabiqul Khairat Samarinda.
Penelitiam ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional, tempat penelitian di SMP Fastabiqul Khairat Samarinda. Populasi penelitian ini sebanyak 41 siswa/I kelas VII. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket, observasi dan dokumentasi. Penganalisis data dilakukan dengan menggunakan rumus Correlations Product Moment dan uji-t menggunakan IBM SPSS 26 (Statistical Product and Service Solution 26).
Hasil penelitian pada hubungan gaya belajar PAI dengan minat belajar siswa kelas VII di SMP Fastabiqul Khairat Samarinda dengan uji validitas dan reliabilitas gaya belajar dengan nilai 0,742>0,60 dan minat belajar dengan nilai 0,681>0,60. Uji korelasi didapatkan nilai rhitung 0,327>rtabel 0,308 dengan begitu adanya korelasi dengan tingkat hubungan kuat antar dua variabel. Uji nomalitas sebesar 0,200>0,05 yang artinya nilai residual berdistribusi normal. Uji linieritas didapat dengan nilai 0,589>0,05 artinya dua variabel memiliki hubungan yang linier. Pada uji hipotesis mendapat nilai sig sebesar 0,085 dan nilai t hitung 1,767>t tabel 1,683 yang hipotesis diterima maka, dapat ditarik kesimpulan Ho ditolak dan Ha diterima adanya hubungan yang signifikan pada gaya belajar PAI dengan minat belajar siswa kelas VII di SMP Fastabiqul Khairat Samarinda. Uji koefisien determinasi diketahui besar pengaruh signifikansi variabel X dengan variaabel Y sebesar 27,2 %.