Pengaruh Pembinaan Keagamaan Terhadap Akhlak Siswa Di Sekolah SMA Negeri 03 Bontang kalimantan Timur
Abstract
ABSTRAK
Muhammad Rasyid Assidiq, 2023, “Pengaruh Pembinaan Keagamaan Terhadap Akhlak Siswa Di Sekolah SMA Negeri 03 Bontang kalimantan Timur” penelitian ini di bombing oleh bapak Drs. H. Ahmad Riyadi, S.S., M.Hum., sebagai dosen pembimbing I dan Bapak Misbahul Fuad, M.Pd. sebagai dosen pembingbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah usaha sekolah dalam menerapkan pembinaan keagamaan di sekolah untuk meningkatkan nilai-nilai keislaman selain tujuan dari Lembaga Pendidikan tersebut untuk meningkatkan pengetahuan keakademikan yang. Dan melihat apakah ada pengaruh terhadap akhlak siswa di sekolah. Akhlak siswa yang berada di sekolah dalam penelitianmemiliki keragaman yang bisa terlihat lumayan jelas, karna untuk beberapa peserta didik sudah memiliki akhlak yang terbilang cukup bagus, dan beberapa terdapat yang memiliki akhlak yang masih kurang baik.
Tujuan dalam penelitian ini untuk melihat Lembaga Pendidikan formal yang menerapkan pembinaan keagamaan. Dalam soal agama di Indonesia terdapat berbagai agama, termasuk dalam lingkungan Lembaga pendidikan formal, pasti bukan hanya terdapat yang beragama islam saja. Hal tersebut menjadi penerapan keagamaan dilakukan agar semua peserta didik dapat saling memahami akan perbedaan-perbedaan dalam beragama. Bukan hanya dalam lingkukangan Lembaga pendidikan saja, namun apakah dalam kehidupan sehari-hari juga akan berpengaruh jika peserta didik mendapatkan pembinaan keagaamaan.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, untuk subjek dan obek penelitian ini berada di sekolah SMA negeri 03 Bontang karena sudah menerapkan pembinaan keagamaan. Dengan populasi yang dipilih yaitu siswa kelas XI sebanyak 129 siswa, dan mengambil sampel dari populasi tersebut sebanyak 56 responden. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, dokumentasi, dan angket. Kemudian untuk menganalisis data menggunakan Uji T, Uji Korelasi, dan Uji Koefisien Determinasi.
Hasil hitungan korelasinya, akan di ambil nilai rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,519 > 0.2632 dengan intensitas cukup. Kemudian presentase sumbangan pengaruh pembinaan keagamaan terhadap akhlak siswa sebesar 27%. Dengan demikiaan pembinaan keagamaan memberikan pengaruh yang terbilang signifikan terhadap akhlak siswa. Kemudian untuk mengetahui hasil hipotesis yang diajukan peneliti. Melihat dari hasil thitung = 4,457 pada ttabel = 1,674, dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak, Karena terdapat hubungannya yang signifikan dari pembinaan keagamaan terhadap akhlak siswa di SMA Negeri 03 Bontang Kalimantan Timur.