Show simple item record

dc.contributor.authorSenang, Indo
dc.date.accessioned2023-07-31T00:54:57Z
dc.date.available2023-07-31T00:54:57Z
dc.date.issued2023-03-22
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3224
dc.description.abstractABSTRAK Indo Senang, 1611101094, “Penguatan Karakter Spiritual dan Karakter Sosial Siswa MTs Darul Muta’alimin Samarinda”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Muhammad Nasir, M.Ag selaku pembimbing 1 dan Dr. Suratman, M.Pd. selaku pembimbing 2. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya penguatan karakter yang masih tumbuh dilingkungan pendidikan untuk membentuk karakter sesuai dengan karakter bangsa kepada para generasi di Indonesia. MTs. Darul Muta’alimin Samarinda, merupakan madrasah yang selalu berupaya untuk membangun karakter spiritual dan karakter sosial peserta didik dengan berbagai macam kegiatan. Dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pendidikan karakter di MTs. Darul Muta’alimin Samarinda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah dengan observasi, wawancara kepada guru dan dokumentasi foto kegiatan. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang berisi koleksi data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan dilapangan menunjukkan penguatan karakter spiritual dan karakter sosial, penguatan karakter spiritual yang dilakukan di MTs Darul Muta’alimin Samarinda melaui program kegiatan yang diterapkan oleh pihak sekolah seperti hafalan doa-doa, hafalan surah pendek, sholat berjamaah, peringatan hari besar Islam, maulid, kaligrafi dan lainya. Pada penguatan karakter kebiasaan yang diperkuat guna membangun solidaritas dan jiwa social yang tinggi dilakukan melalui program kegiatan seperti melakukan kerja bakti, pembagian tugas secara berkelompok, dan memberikan pemahaman ketika diruang belajar. Sedangkan faktor yang menjadi pendukung dalam penguatan karakter spiritual dan social ialah adanya sarana dan prasarana, keaktifan guru dalam mendampingi dan memberi teladan peserta didik. Sedangkan pada faktor penghambat dalampenguatan karakter spiritual dan social yaitu sikap kedisipinan belum sepenuhnya berjalan dengan baik dan keterlibatan stokeholder diluar madrasah dalam memberi keteladanan, pendampingan, serta perhatiannya belum dapat berpartisipasi dengan baik.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectKarakter Spiritual, Karakter Sosialen_US
dc.titlePenguatan Karakter Spiritual dan Karakter Sosial Siswa MTs Darul Muta’alimin Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record