Pengaruh Intensitas Membaca Al-Qur’an Terhadap Upaya Peningkatan Akhlak Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Fina selviana, 2023. Pengaruh Intensitas Membaca Al-Qur’an Terhadap Upaya Peningkatan Akhlak Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universtas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda di bawah bimbingan Bapak Drs. H. Ahmad Riyadi, M. Hum selaku pembimbing I dan Bapak Muhammad Nasrun M. Pd.I selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini diawali oleh fenomena yang mana para siswa di hadapkan pada zaman modern yang sangat mengkhawatirkan karena adanya perkembangan tekhnologi, sehingga para remaja lebih mudah dipengaruhi oleh orang lain dan memicu terjadinya kenakalan remaja. Maka dari itu SMK Negeri 2 Samarinda menjalankan program kegiatan membaca Al-Qur’an sebelum memulai pembelajaran selama 15 menit kemudian guru menjelaskan makna dari ayat yang sedang dibahas, hal ini bertujuan untuk menanamkan nilai – nilai keislaman, untuk mengupayakan peningkatan akhlak siswa agar memiliki akhlak yang mulia, berperilaku sopan dan santun, serta siswa mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intesitas membaca Al-Qur’an terhadap upaya peningkatan akhlak dan apa saya yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat bagi upaya peningkatan akhlak siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Samarinda.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas X dan XI dengan 14 juruan dan siswa yang berjumlah 947 siswa kemudian peneliti mengambil sampel sebanyak 90 siswa dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Teknik penelitian menggunakan observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara. Kemudian pengolahan data menggunakan SPSS versi 26 dan analisis data menggunakan rumus product moment.
Hasil penelitian menyatakan untuk korelasi atau pengaruh intensitas membaca Al-Qur’an terhadap upaya peningkatan akhlak siswa menunjukkan korelasi yang cukup 0,519 dengan uji taaf signifikan 5%. Kemudian di uji untuk taraf signifikansi pada df= 0,1 diperoleh hasil thitung > dari ttabel atau 5,695 > 1,662. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga terdapat pengaruh intensitas membaca Al-Qur’an terhadap upaya peninglatan akhlak siswa di SMK Negeri 2 Samarinda dengan pengaruh sebesar 26,93% sisanya 73,7% dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil wawancara dari upaya peningkatan akhlak terdapat faktor pendukung yaitu, peran dari orang tua, guru dan sarana prasarana di sekolah yang menjadi penunjang program membaca AlQur’an sedangkan untuk faktor penghambat upaya penngkatan akhlak siswa yaitu, lingkungan masyarakat, kurangnya kepedulian orang tua, menyalahgunakan media elektronik dan latar belakang siswa yang bermacam – macam.