Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Habsyi Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK Negeri 19 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Rizal Mustofa Aji, 2023. “Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Habsyi Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK Negeri 19 Samarinda”. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Zamroni, M.Pd dan Drs. H. Imam Mohtar, M.Pd.
Latar belakang dalam penelitian untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, maka diperlukan cara utama sebagai penunjang dalam proses pencapaian tujuan tersebut. Tujuan dari penelitian yang di lakukan oleh penulis berdasarkan rumusan masalah yang dikemukakan di atas adalah untuk mengetahui seberapa besar-kecilnya pengaruh kegiatan ektrakurikuler habsyi terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 19 Samarinda..
Jenis penelitian ini penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif berupa pendekatan korelasi. Penelitian kuantitatif adalah penelitian dalam pandangan filsafat positivisme, yang mana penelitian ini dipakai guna mengamati serta menganalisis pada populasi yang berjumlah 40 siswa-siswi. Penelitian yang dilakukan dengan tujuan guna mengetahui pengaruh variabel bebas (Kegiatan Ekstrakurikuler Habsy) terhadap variabel terikat (Perestasi Belajar). Penelitian ini berlokasikan di SMK Negeri 19 Samarinda.
Untuk membuktikan hipotesis yang diajukan dalam penelitian, maka peneliti menggunakan beberapa langkah proses penelitian. Berdasarkan hasil analisis korelasi dalam penelitian ini diperoleh nilai rxy = 0,460 dan jika diformulasikan dalam bentuk presentase koefisien determinasi diperoleh nilai R Square = 21,2% yang berarti bahwa keberpengaruhan kegiatan ekstrakurikuler habsyi terhadap prestasi belajar adalah sebesar 21,2% sedangkan sisanya 78,8% dipengaruhi oleh faktor lain diluar dari penelitian yang dilakukan. Sejauh mana keberpengaruhan kegiatan ekstrakurikuler habsyi terhadap prestasi belajar dapat diketahui berdasarkana hasil uji t yang menunjukan t hitung 3.197 > t tabel 2.026 dan nilai signifikansinya sebesar 0,00 < 0,05 yang berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima sehingga terdapat pengaruh yang signifikan pada kegiatan ekstrakurikuler habsyi terhadap prestasi belajar di SMK Negeri 19 Samarinda.