Korelasi antara Kegiatan Pramuka dengan Kedisiplinan Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Madrasah Tsanawiyah Ihya’ Ulumuddin Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Ramadhani Alamsyah, 2023. “Korelasi antara Kegiatan Pramuka dengan Kedisiplinan Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Madrasah Tsanawiyah Ihya’ Ulumuddin Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Prof, Dr. Muhammad Nasir M.Ag. sebagai pembimbing I dan Ahmad Maulana Syafi’I, M.Si sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya ketidaksesuaian antara sikap kedisiplinan belajar siswa terhadap tujuan dari kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Kegiatan pramuka merupakan ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh seluruh siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ihya’ Ulumuddin Samarinda, sehingga pada dasarnya tertanamlah sikap disiplin sesuai dengan tujuan dari ekstrakurikuler pramuka itu sendiri. Saat observasi, peneliti menemukan kesenjangan-kesenjangan yang ada dalam pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yakni siswa tidak membawa buku mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, menggabungkan tulisan pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan buku pelajaran umum, menaruh buku pelajaran Pendidikan Agama Islam tidak pada tempatnya, dan memakai seragam tidak sesuai jadwal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar korelasi antara kegiatan pramuka dengan kedisiplinan belajar Pendidikan Agama Islam siswa Madrasah Tsanawiyah Ihya’ Ulumuddin Samarinda.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sensus sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis koefisien korelasi, uji regresi linear sederhana dan uji koefisien determinan.
Analisis deskriptif dari penelitian ini menghasilkan nilai uji hipotesis sebesar 0,000 < 0,05, dan jika menggunakan perbandingan Ttabel memiliki hasil yang lebih besar yakni 5,014 >1,986 yang artinya terdapat korelasi antara kegiatan pramuka dengan kedisiplinan belajar Pendidikan Agama Islam siswa Madrasah Tsanawiyah Ihya’ Ulumuddin Samarinda. Kemudian hasil analisis koefisien korelasi dengan sebesar 0,465 yang artinya hubungannya dalam tingkat sedang dengan arah yang positif. Hasil uji regresi linear sederhana didapatkan nilai Fhitung 25,139 > Ftabel 3,94 yang berarti kegiatan pramuka berdampak pada kedisplinan belajar Pendidikan Agama Islam dengan prediksi jika kegiatan pramuka meningkat sebesar 1% maka kedisiplinan belajar Pendidikan Agama Islam akan meningkat sebesar 35,8%. Hasil koefisien determinan (R Square) sebesar 0,216 yang artinya pengaruh dari kegiatan pramuka terhadap kedisiplinan belajar Pendidikan Agama Islam adalah sebesar 21,6%.