Pengaruh Progam Qira’at Terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa MTs Labbaika Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Ersa Dian Choirotunisak, 2023, Pengaruh Progam Qira’at Terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa MTs Labbaika Samarinda. Skripsi, Progam Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. Muhammad Nasir, M.Ag. sebagai pembimbing I dan Ibu Rumainur, M.Pd.I sebagai pembimbing II.
Latar Belakang penelitian ini adalah kemampuan baca tulis siswa MTs Labbaika Samarinda yang masih kurang lancar dalam membaca Al-Qur’an dan siswa yang masih kurang mampu untuk membiasakan menulis arab (Al-Qur’an), maka dengan adanya progam qira’at ini guna menimbulkan pemahaman perbaikan baca tulis al-qur’an yang baik dan benar dan dapat meningkatkan kemampuan baca tulis al-quran menjadi lebih baik, sehingga penelitian ini mengetahui seberapa besar pengaruh signifikan yang positif dari progam qira’at terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa MTs Labbaika Samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan yang positif progam qira’at terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa MTs Labbaika Samarinda.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, Populasi seluruh siswa MTs Labbaika Samarinda yang mengikuti progam qira’at sebanyak 40 siswa. Peneliti mengambil seluruh populasi untuk dijadikan sampel karena jumlah responden kurang dari 100 sehingga penelitian merupakan penelitian populasi. Tehnik penngumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Data ini dianalisis dengan statistic deskriptif dengan menggunakan aplikasi SPSS 23.
Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh signifikan yang positif progam qira’at terhadap kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa MTs Labbaika Samarinda dengan menggunakan rumus korelasi. Diketahui bahwa korelasi (r) antara variabel (X) Progam Qira’at dan variabel (Y) kemampuan baca tulis alQur’an bernilai r = 0,805, sehingga tingkat kategorinya termasuk sangat kuat. Hasil dari uji T diketahui thitung =8.625 dan ttabel =1.685, maka dari hasil uji T diketahui thitung > ttabel = 8.625 1.685, maka terdapat pengaruh signifikan yang positif antara progam qira’at terhadap kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa MTs Labbaika Samarinda, sehingga kesimpulan bahwa Ha diterima H0 ditolak. Koefisien pengaruh berarti pengaruh progam qira’at terhadap kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa MTs Labbaika Samarinda sebesar 64,8% dan sisanya 35,2%. Dipengaruhi oleh variabel lain.