Show simple item record

dc.contributor.authorReisyha Ningrum, Arinda Ferari
dc.date.accessioned2023-08-01T02:25:42Z
dc.date.available2023-08-01T02:25:42Z
dc.date.issued2023-05-02
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3238
dc.description.abstractABSTRAK Arinda Ferari Reisyha Ningrum, 2023. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di SMP Fastabiqul Khairat Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini di bimbing oleh Bapak Prof. Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M. Pd selaku pembimbing I dan Ibu Amalia Nur Aini, M. Pd selaku pembimbing II. Latar belakang peneliian ini adalah lahirnya kebijakan pendidikan nasional yang didalamnya terdapat pendidikan karakter sebagai jiwa utamanya dan diwajibkan pada setiap lembaga pendidikan, menjadikan SMP Fastabiqul Khairat Samarinda sebagai salasatu lembaga yang turut andil dalam menjalankan kebijakan tersebut guna menyamaikan nilai-nilai pendidikan karakter terkhusus pada nilai religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas melalui budaya sekolah. Melihat berbagai karakter dan lingkungan positif yang ditemukan, membuat ketertarikan tersendiri bagi masyarakat luas terutama dengan maraknya degradasi moral yang terlihat saat ini. Dalam hal ini berbagai upaya yang dilakukan guna menjadikan peserta didik tidak hanya cerdas tetapi berbudi pekerti luhur pula. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan hasil penelitian yang berfokus pada pengimplementasian pendidikan karakter melalui budaya sekolah serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengimplementasikannya. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ialah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum dan Kesiswaan, Guru dan Peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter di SMP Fastabiqul Khairat Samarinda merupakan program unggulan sehingga telah terimplementasikan sejak awal berdiri. Sekolah ini mengimplementasikan program tersebut melalui budaya sekolah dengan menerapkan kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan dan pengkondisian. Bentuk pengoptimalan ke 4 kegiatan tersebut, sekolah menambahkan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah (PLS) sebagai upaya awal dalam mengarahkan program pendidikan karakter baik di sekolah maupun di rumah, monitoring atau pengamatan setiap guru terkhususkan wali kelas, pembiasaan dan pendekatan terhadap peserta didik. Terdapat subnilai 5 karakter yang tercantum pada budaya sekolah ini dan akan membentuk karakter tersebut yaitu dari budaya hormat, sopan, percaya diri dan sabar akan tercipta karakter religius, budaya disiplin akan tercipta karakter nasionalis, budaya bertanggung jawab dan jujur tercipta karakter integritas, budaya mandiri akan tercipta karakter mandiri, terakhir budaya empati dan kerja sama akan tercipta karakter gotong royong. Faktor pendukung dan faktor penghambat dari program tersebut meliputi lingkungan internal dan eksternal. Lingkungan internal yaitu guru, peserta didik dan lingkungan sekolah sedangkan lingkungan eksternal yaitu orang tua, keluarga, lingkungan rumah dan media sosial.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectImplementasi, Pendidikan Karakter, Budaya Sekolahen_US
dc.titleImplementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di SMP Fastabiqul Khairat Samarinda.en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record