dc.description.abstract | Ernawati, 2022. “Pembelajaran PAI Berbasis Asmaul Husna di SD dan SMP Islamic Center Samarinda”. Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasrjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Khojir, M.SI selaku pembimbing I dan Dr. Agus Setiawan, M. Pd. I selaku pembimbing II
Latar belakang penelitian yaitu penanaman akidah atau keyakinan adanya Allah swt untuk meningkatkan nilai religius dalam diri peserta didik, adanya hal tersebut diharapakan peserta didik lebih mudah untuk memahami dan mengamalkan materi pembelajaran PAI dalam kehidupan sehari-hari, untuk itu diperlukan penerapan kurikulum yang tepat agar proses penanaman akidah dan nilai religius dapat berjalan optimal. Salah satu upaya tersebut menggunakan kurikulum Berbasis Asmaul Husna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran PAI Berbasis Asmaul Husna yang didalamnya memuat mengenai perencanaan, penerapan dan evaluasi pembelajaran PAI berbasis Asmaul Husna di Yayasan Baitul Muttaqien Islamic Center Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan teori dari Miles dan Huberman dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data digunakan triangulasi metode dan sumber.
Hasil penelitian ini mendeskripsikan mengenai pembelajaran PAI berbasis Asmaul Husna di SD dan SMP Islmaic center samarinda, bahwa pada (1) perencanaan pembelajaran PAI berbasis Asmaul Husna ada lima hal yang dilakukan pendidik pada saat perencanaan pembelajaran yakni dengan menuliskan kompetensi inti, kompetensi dasar yang mana di dalam kompetensi dasar memuat tujuh hal poko perencanaan pembelajaran yang harus ada saat proses pembelajaran berlangsung yakni,landasan Al Qur’an, kalimat Tayyibah, kosat kata agama, Asmaul Husna, Apersepsi, bacaan tema dan penilaian, kemudian tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, serta evaluasi dan penilaian. Kemudian untuk proses (2)penerapan pembelajaran PAI berbasis Asmaul Husna hal yang dilakukan pada saat proses pembelajaran dilakukan dengan tiga hal yakni melaksanakan dan menerapkan apersepsi, penguatan materi pembelajaran, dan refleksi. Sedangkan yang terakhir untuk kegiatan (3)evaluasi pembelajaran PAI berbasis Asmaul Husna yang di lihat dari tiga aspek kognitif berupa pengetahuan hafalan dan ingatan (knowladge), analisi yakni menelaah antara materi pembelajaran dengan asmaul husna, dan penerapan (aplication), sedangkan dari segi Afektif dalam penilaian ini terdapat empat penilaian yakni berupa penerimaan (receiving/attending), responsif, penilaian (velue), karakteristik (characterization). Kemudian yang ketiga atau yang terakhir dilihat dari segi psikomotorik penilaian yang dilakukan dengan melihat hasil karya dan seni dari pembelajaran PAI bebasis Asmaul Husna. Perbedaan anatara pembelajaran PAI berbasis Asmaul Husna di SD dan SMP Islamic ialah mengenai level tingkatan yakni SD pada tingkatan menghagal sedangkan SMP pada tingkatan penerapan pembelajaran PAI berbasis Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari | en_US |