Persiapan Guru Rumpun Pendidikan Agama Islam Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarinda.
Abstract
ABSTRAK
Fani Selviani, 2023. Persiapan Guru Rumpun Pendidikan Agama Islam Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ahmad Riyadi selaku dosen pembimbing I dan Maulida Ulfa selaku dosen pembimbing II.
Latar belakang dari penelitian ini adalah Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarinda merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk langsung oleh Kemendikbud untuk menggunakan kurikulum merdeka belajar sebelum ajaran baru dimulai. Pada pendaftaran kurikulum merdeka belajar sekolah tersebut memilih kurikulum merdeka jalur mandiri belajar. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai persiapan guru rumpun pendidikan islam dalam penerapan kurikulum merdeka belajar di Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarinda, dikarenakan sekolah tersebut telah menggunakan kurikulum merdeka belajar. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan persiapan guru rumpun pendidikan agama islam dalam penerapan kurikulum merdeka belajar serta faktor pendukung dan penghambat penerapan kurikulum merdeka belajar disekolah tersebut.
Jenis penelitian ini adalah jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dari penelitian ini adalah Kepala Madrasah MAN 1 Samarinda, Waka Kuriulum dan Guru Rumpun Pendidikan Agama Islam yang meliputi guru AlQur’an Hadits, Fiqih, Akidah Akhlak dan Sejarah Kebudayaan Islam. Untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) persiapan yang dilakukan oleh sekolah dan guru rumpun pendidikan agama islam telah dilakukan dengan maksimal, sekolah mengadakan pelatihan implementasi kurikulum merdeka belajar, menyediakan sarana dan prasarana untuk menunjang menerapan kurikulum merdeka belajar dan pendidik memiliki minat yang tinggi untuk terus belajar mengenai kurikulum merdeka belajar dari berbagai sumber seperti internet, youtube, atau pelatihan secara online, 2) faktor pendukung pada penelitian ini adalah guru memiliki minat yang tinggi untuk mencari sumber informasi mengenai kurikulum merdeka dan fasilitas yang menunjang penerapan kurikulum tersebut; faktor penghambat kurangnya pelatihan mengenai kurikulum merdeka belajar membuat pendidik harus mencari informasi sendiri mengenai kurikulum merdeka belajar dan pendidik menyesuaikan dengan kemampuannya.