dc.description.abstract | Abdullah Marisi, 2022. “Manajemen Sumber Daya Manusai dalam meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliayah Negeri 1 Samarinda”. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Nur Kholik Afandi, M.Pd sebagai pembimbing I dan Dr. Siti Nor Asiah, SE, M.Pd sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah Dalam usaha mengembangkan sekolah islam swasta yang survive dan mampu bersaing dengan lembaga pendidikan islam lainnya , maka kunci utamanya terletak pada sumber daya manusia yang berkualitas, Sehingga untuk dapat mewujudkannya maka faktor yang patut diperhatikan adalah manajemen sumber daya manusia yang optimal dalam mendukung potensi mereka selaku sumber daya manusia dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu pedidikan di Madrasah Aliyah negeri 1 Samarinda dan faktor pendukung dan faktor penghambat manajemen sumber daya manusia manusia dalam meningkatkan mutu pedidikan di Madrasah Aliyah negeri 1 Samarinda.
Adapun jenis penelitian ini ialah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenalogi. Kemudian pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data yaitu analisis data interaktif yang digaungkan oleh Mattew B.Milles, a. Michael Hubberman dan Jhony Saldana (2014), yang terdiri dari; pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data dan metode.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, Manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarinda dilakukan berdasarkan indikator manajemen sumber daya manusia. Perencanaan: melaksanakan pengadaan atau perekrutan tenaga karyawan meliputi peramalan kebutuhan tenaga kerja, penarikan, seleks, penempatan dan orientasi. Pengorganisasian : menyusun dan mengkaji struktur organisasi baru di setiap akhir tahun pelajaran. Pelaksanaan: a) mengadakan kegiatan pengembangan, b) memberikan kompensasi dan reward, c) membangun integritas antar seluruh sumber daya manusia, d) melakukan pemeliharaan, e) menerapkan kedisiplinan, f) melaksanakan pemberhentian. Pengendalian: 1) mengontrol kinerja sumber daya manusia dan b) mengadakan pengarahan secara rutin. Kedua, faktor pendukung manajemen sumber daya manusia adalah sarana prasarana yang memadai, kontribusi sekolah dan pihak Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur dan Kantor Kementerian Agama Kota Samarinda yang mensuport segala kebutuhan sumber daya manusia, lingkungan kerja yang kondusif berpikir positif, sumber daya manusia mayoritas fresh graduate, sumber daya manusia memiliki tipe berkembang mau menerima kritik dan saran. Dan faktor penghambat manajeemen sumber daya manusia adalah kurang sumber daya manusia terhadap pemahaman teknologi dan sistem penunjukan sumber daya manusia secara top down dalam setiap pelatihan | en_US |