Show simple item record

dc.contributor.authorIrwansyah, Irwansyah
dc.date.accessioned2023-08-03T00:37:33Z
dc.date.available2023-08-03T00:37:33Z
dc.date.issued2022
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3254
dc.description.abstractIrwansyah, 2022. “Manajemen Sumber Daya Manusia (Studi Multi Situs di Madrasah Ibtidaiyyah Hifdzul Qur’an dan Madrasah Ibtidaiyyah Hajar Abyadl Sangatta”. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Zurqoni, M.Ag, sebagai pembimbing I dan Dr. Hj. Fathul janah, M.SI, sebagai pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah pengelolaan pendidikan sangat kompleks dan dinamis, sehingga memerlukan sumber daya manusia yang berkompeten dan berkualitas dalam pengelolaannya, termasuk pengelolaan sumber daya manusia di Madrasah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan perekrutan manajemen sumber daya manusia di Madrasah Ibtidaiyyah Hifdzul Qur’an dan Madrasah Ibtidaiyyah Hajar Abyadl Sangatta, pelaksanaan manajemen sumber daya manusia di Madrasah Ibtidaiyyah Hifdzul Qur’an dan Madrasah Ibtidaiyyah Hajar Abyadl Sangatta, dan pengembangan manajemen sumber daya manusia di Madrasah Ibtidaiyyah Hifdzul Qur’an dan Madrasah Ibtidaiyyah Hajar Abyadl Sangatta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) kualitatif dengan pendekatan natural setting. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Pendidik dan Kependidikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber, teknik dan teori. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Perencanaan perekrutan di Madrasah Hifdzul Qur’an dan Madrasah Ibtidaiyyah Hajar Abyadl Sangatta dilakukan dengan tahap persiapan, tahap pendataan, tahap penetapan kebutuhan, lalu kemudian dilakukan perekrutan dengan menyebarkan informasi ke public dan terakhir dilakukan seleksi untuk mencari sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan. (2) Selanjutnya, dalam proses pelaksanaan atau penempatan di Madrasah Hifdzul Qur’an dan Madrasah Ibtidaiyyah Hajar Abyadl Sangatta berdasarkan latarbelakang pendidikan dan kompetensi yang sudah ditentukan pihak Madrasah. (3) Pengembangan di Madrasah Hifdzul Qur’an dan Madrasah Ibtidaiyyah Hajar Abyadl Sangatta dengan melakukan pendidikan dan pelatihan. Pendidikan dan pelatihan tersebut dilaksanakan di internal maupun eskternal Madrasah seperti pelatihan-pelatihan, workshop, dan seminar. Hal tersebut dilakukan untuk menunjang kompetensi dan kemampun sumber daya manusia dalam hal ini tenaga pendidik atau kependidikan baik itu dari segi kognitif maupun softskill. (4) Begitupun dalam hal evaluasi, evaluasi dilakukan setiap 1 bulan sekali di Madrsaha Ibtidaiyyha Hifdzul Qur’an dan 6 buan sekali di Madrasah Ibtidaiyyah Hajar Abyadl Sangatta. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui perkembangan peserta didik,apakah metode yang digunakan guru sudah tepat dalam melakukan pembelajaran, Kata Kunci: Manajemen Sumber Daya Manusiaen_US
dc.publisherMPI Pascasarjana UINSI Samarindaen_US
dc.subjectMANAJEMEN PENDIDIKANen_US
dc.titleManajemen Sumber Daya Manusia (Studi Multi Situs di Madrasah Ibtidaiyyah Hifdzul Qur’an dan Madrasah Ibtidaiyyah Hajar Abyadl Sangattaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nim2020200017


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record