Pengaruh Metode Pembelajaran Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas 8 di MTs Nurul Islam Palaran
Abstract
ABSTRAK
Nur Firda Widyasari, 2023 ” Pengaruh Metode Pembelajaran Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas 8 di MTs Nurul Islam Palaran “. Skripsi jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris ( UINSI ) samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Dr. Husni Idris M.Pd sebagai dosen pembimbing I dan bapak Abdul Basith M.Pd sebagai dosen Pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang berada di kelas VIII A yang masih belum mencapai KKM sebagai mana yang telah ditentukan oleh pihak sekolah yaitu 75, hal tersebut karena Minimnya penggunaan media pembelajaran yang digunakan oleh guru sehingga menyebabkan pembelajaran menjadi kurang menarik. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan agar dapat mengetahui pengaruh media pembelajaran Team Quiz terhadap hasil belajar siswa kelas 8 pada mata pelajaran fiqih di MTs Nurul Islam palaran.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode Quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di MTs Nurul Islam Palaran. Sample berjumlah 18 orang untuk kelas eksperimen dan 13 orang pada kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda sebanyak 20 soal yang telah diuji menggunakan uji validitas, reabilitas, dan tingkat kesukaran soalnya.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode pembelajaran Team Quiz yang diterapkan pada kelas eksperimen dapat mempengaruhi hasil belajar siswa secara signifikan pada mata pelajaran Fiqih. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 80.00 > 73,85. Berdasarkan hasil uji hipotesis ( Uji T ) dengan menggunakan Pired sample T-test diperoleh nilai signifikan (sig ) sebesar 0.001 hal ini menunjukan jika 0.001 < 0.05 maka adanya pengaruh penggunaan metode Team Quiz terhadap hasil belajar siswa kelas 8 pada mata pelajara fiqih di MTs Nurul Islam Palaran. Sedangkan setelah melakukan uji Effect Size Cohen hasil yang diperoleh yaitu sebesar 1,150 maka termasuk kategori sangat tinggi. Hal ini menunjukan jika metode pembelajaran Team Quiz memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap hasil belajar siswa.