Hubungan Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Media Youtube Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di MTs Muhammadiyah 1 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Muhammad Rifki Awing, 2023 “Hubungan Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Media Youtube Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di MTs Muhammadiyah 1 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Husni Idris, M.Pd dan Bapak Dr. Agus Setiawan, M.Pd.I.
Motivasi belajar merupakan keseluruhan daya penggerak dari beberapa motif yang dapat secara bersama-sama menggerakkan siswa. Setiap siswa ataupun peserta didik masing-masing memiliki motivasi belajar yang berbedabeda. Terdapat siswa yang memiliki motivas belajar yang tinggi ataupun sebaliknya. Guru sebagai seorang tenaga pendidik dituntut untuk memiliki kompetensi pedagogik. Salah satu hal yang diperlukan dalam pada kompetensi pedagogik adalah kemampuan menggunakan tekhnologi. Dengan kemampuan penggunaan tekhnologi yang baik tentunya akan memberikan pengalaman belajar yang lebih variatif. Sehingga pembelajaran tidak monoton dan membosankan yang membuat motivasi belajar siswa kurang. Berangkat dari hal tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui hubungan pembelajaran sejarah kebudayaan islam berbasis media youtube dengan motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah 1 Samarinda.
Pada penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Kemudian uji prasyarat yang dilakukan adalah yakni uji validitas, ralibilitas, linearitas dan normalitas. Kemudian hal-hal yang diujikan adalah Uji korelasi product moment, Uji T, dan uji determinasi.
Dari hasil perhitungan dan analisis data koefisien korelasi antara penggunaan media youtube dengan motivasi belajar siswa mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Maka didapatkan nilai sebesar 0,632 sehingga tingkat korelasinya termasuk kategori cukup dan sedang. Kemudian, pada uji hipotesis diketahui 𝑡hitung sebesar 3,61 dengan taraf siginifikansi sebesar 10% dengan menggunakan rumus derajat kebebasan (df) = n-2 (18-2 = 16) sehingga 𝑡tabel = 1,746 maka diperoleh hasil 𝑡hitung ˃ 𝑡tabel maka diputuskan menolak 𝐻o. Selanjutnya pada uji determinasi didapatkan nilai sebesar 40%. Hal ini berarti bahwa variabel media youtube berhubungan 40% dengan motivasi belajar siswa. Sedangkan sisanya 60% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.