View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di SMP Negri 2 Muara Wahau

Thumbnail
View/Open
Zainal Mahfud Efendi.docx (15.34Kb)
Date
2023-06-26
Author
Efendi, Zainal Mahfud
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Zainal Mahfud Efendi, 2023. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di SMP Negri 2 Muara Wahau. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Dosen Pembimbing I Wahdatun Nisa, M.A. Dosen Pembimbing II Rega Armella, M, Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh faktor lingkungan, baik geografis maupun sosial serta keluarga. Secara tidak langsung faktor tersebut memiliki dampak yang kuat dalam karakter religius siswa. Oleh karena itu, SMP Negri 2 Muara Wahau sebagai lembaga pendidikan memiliki tanggung jawab yang penting. Pendidikan yang dilakukan yaitu dengan menggunakan strategi guru Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan keagamaan membentuk karakter religius, kepribadian dan kebiasaan perilaku siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan kata-kata tertulis atau lisan dari narasumber yang diamati. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, model data, penarikan kesimpulan dan triangulasi Hasil penelitian strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa melalui kegiatan keagamaan sebagai berikut : 1) guru bertindak sebagai pendidik melaksanakan strategi pembentukan karakter religius melalui pendekatan yang komprehensif, strategi learning by doing. 2) guru juga memberikan gambaran bahwa program-program yang berhubungan dengan wali siswa dijadikan sebagai salah satu sarana pertemuan antara guru dan wali murid dengan membahas tema-tema pengembangn pendidikan, suasana pembelajaran, kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler dan informasi seputar dunia terhadap perkembangan pendidikan.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3268
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [868]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV