Show simple item record

dc.contributor.authorRamadani Harsono, Dhea Nur Amanda
dc.date.accessioned2023-08-07T01:22:26Z
dc.date.available2023-08-07T01:22:26Z
dc.date.issued2023-06-12
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3276
dc.description.abstractABSTRAK Dhea Nur Amanda Ramadani Harsono, 2023, “Implementasi Kegiatan Bermain Konstruktif di Sentra Seni dan Kreativitas dalam Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok A di Tk Islam Silmi Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh ibu Mujahidah, S.Ag, S,Psi, M.Si dan ibu Amalia Nur Aini, M.Pd. Latar belakang masalah penelitian ini adalah kegiatan bermain yang beragam dan banyak diterapkan di TK Islam Silmi Samarinda. Khususnya kegiatan bermain konstruktif yang tentu membantu perkembangan kemamuan anak, khusus nya kemampuan motorik halus. Kenyataan masih banyak diantaranya anak usia dini yang berada di TK yang belum berkembang motoric halusnya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan implementasi kegiatan bermain konstruktif di sentra seni dan kreativitas dalam pengembangan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A di TK Islam Silmi Samarinda. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pendekatan penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman, dan prosesnya dimulai dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan validasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bermain konstruktif di sentra seni dan kreativitas beraneka ragam dan membantu mengembangkan kemampuan motorik halus anak. Hasil analisis menunjukan bahwa di sentra seni dan kreativitas kegiatan yang paling dominan untuk mengembangkan motoric halus anak yakni saat anak sedang bermain dan membuat suatu karya. Perencanaan: Guru melakukan perencanaan seperti menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan berdasarkan RPPH yang telah dibuat serta memilih alat yang aman dan bahan yang beragam agar anak dapat mengembangkan kreativitasnya. Pelaksanaan: Guru menerapkan pijakan bermain dalam pelaksanaan kegiatan di sentra, mulai dari pijakan sebelum bermain seperti mengajak anak duduk melingkar untuk memberikan penjelasan dan tahapan pembuatan karya, pijakan saat bermain yakni guru berkeliling membantu anak yang kesulitan saat membuat karya, hingga pijakan sesudah bermain yaitu mengajak anak membereskan alat dan bahan serta mainan yang digunakan. Evaluasi: dilakukan setiap hari saat anak selesai berkegiatan di sentra, memberikan penilaian terhadap 5 anak perhari, guru menanyakan bagaimana perasaan anak dan melakukan recalling kepada anak, memastikan anak paham akan kegiatan hari ini.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectBermain Konstruktif, Sentra Seni, Kreativitas, Kemampuan Motorik Halusen_US
dc.titleImplementasi Kegiatan Bermain Konstruktif di Sentra Seni dan Kreativitas dalam Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok A di Tk Islam Silmi Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record