dc.description.abstract | ABSTRAK
Ghifari Ramadhan, 2023, Implementasi Taksonomi Bloom Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Kelas XI A Man 1 Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Penelitian inidibimbing oleh Bapak Drs. H. M. Said Husin, MA. Sebagai pembimbing I dan Bapak Wildan Saugi, M.Pd sebagai pembimbing II.
Pembelajaran akidah akhlak di man 1 sudah mengacu pada konsep taksonomi bloom, misalnya dalam desain RPP. Namun acapkali penekanannya hanya diberikan pada aspek kognitifnya saja dan mengabaikan aspek lainya, hal ini membuktikan bahwa pada saat evaluasi pembelajaran siswa yang mendapatkan nilai tertinggi maka dirinya akan lebih diapresiasi ketimbang siswa yang lain, sehingga kita dapat melihat faktor ketidak berhasilan praktik pembelajaran yang sering ditemukan di sekolah, sebagaimana yang diasumsikan lebih fokus ke kognitifnya saja dibandingkan dengan penumbuhan kesadaran dalam beragama, pada pelajaran akidah akhlak kita tahu seyogyanya aspek afektif dan psikomotorik perlu ditonjol kan pula karena menyangkut dengan nilai spiritual dan praktek dalam kehidupan, adapun tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana implementasi taksonomi bloom yang dilakukan pada pelajaran akidah akhlak serta apa saja faktor pendukung dan penghambatnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang dilakukan dengan teknik observasi yaitu mengamati sikap siswa, mencermati materi yang disampaikan, melihat seperti apa gaya guru mengajar serta evaluasi yang dilakukan oleh guru tersebut dikelas, kemudian dilanjutkan dengan teknik wawancara yaitu memberikan beberapa pertanyaan kepada guru yang hendak diteliti guna mendapatkan informasi tertentu, dan yang terakhir adalah dokumentasi yang bertujuan untuk mendukung hasil penelitian yang sudah dilakukan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya konsep taksonomi dalam pembelajaran akidah akhlak dikelas XI A yang dilakukan oleh guru berdasarkan pelaksanaan indikator sudah dilakukan sesuai dengan langkah-langkah konsep teori taksonomi bloom pada saat menyusun RPP, dalam artian guru tidak hanya fokus pada sisi kognitifnya saja melain dari ketiganya afektif dan psikomotorik sudah terlaksana, adapun pendukung dari implementasi taksonomi bloom sendiri yaitu adanya prasarana yang memadai sehingga dapat menunjang kegiatanpembelajaran untuk menjadi lebih efektif dan maksimal, sedangkan penghambatnya yaitu kerap kali pergaulan buruk yang di ada diluar dibawa masuk ke dalam ruang lingkup sekolah sehingga guru perlu melakukan penanganan extra untuk mengatasi hal tersebut seperti memberikan nasehat, masukan, dan arahan yang dapat membangun siswa tersebut agar bisa menjadi lebih baik lagi. | en_US |