dc.description.abstract | ABSTRAK
Ghina Rahmawati Jannati, 2023, Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Proyek Bhinneka Tunggal Ika dalam Membentuk Karakter Siswa di SMA Negeri 1 Loa Janan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda di bawah bimbingan Bapak Muhammad Iwan Abdi, M.S.I selaku pembimbing I dan Ibu Atika Muliyandari, M.Pd selaku dosen pembimbing II.
Setelah pandemi, karakter siswa semakin kian merosot sehingga menyebabkan kekhawatiran dari banyak pihak, khususnya orang tua dan guru. Berdasarkan hal tersebut, Kemendikbud berinovasi menciptakan rumusan baru kurikulum merdeka yang di dalamnya menerapkan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P-5). Salah satu proyek yang diterapkan di SMA Negeri 1 Loa Janan ialah proyek Bhinneka Tunggal Ika yang bertujuan agar dapat memberikan pemahaman dan pengajaran kepada siswa dalam mewujudkan karakter Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila melalui beberapa kegiatan aksi nyata, yaitu pagelaran busana daerah, menyanyikan lagu daerah, nari tarian daerah, bermain permainan tradisional, dan masak makanan khas daerah.
Penelitian yang dilakukan peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Kemudian teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini ialah kepala SMA Negeri 1 Loa Janan, fasilitator dan koordinator proyek Bhinneka Tunggal Ika, dan lima siswa/I kelas X-2 SMA Negeri 1 Loa Janan. Uji keabsahan datanya menggunakan uji kredibilitas yang terdiri dari triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisisnya menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini yaitu menghormati teman yang sedang berpuasa, melakukan hari raya besar agama yang dianutnya, berperilaku baik dalam menghadapi perbedaan secara fisik maupun kemampuan, berperilaku adil terhadap temannya, melakukan diskusi kelompok dengan baik, melakukan kegiatan berbagi takjil di bulan Ramadhan, mengikuti kegiatan penting di sekolah dengan baik, bermusyawarah dalam pemilihan calon ketua OSIS, menghormati hasil keputusan yang dicapai dan menjalankan tanggung jawabnya dengan baik, serta bekerjasama dalam membersihkan lingkungan sekolah. Kemudian faktor pendukung dalam implementasi nilai-nilai Pancasila di SMA Negeri 1 Loa Janan ini ialah telah adanya keberagaman dalam masyarakat sekolah dan faktor penghambatnya ialah karena adanya pengaruh dari lingkungan keluarga dan lingkungan pertemanan. | en_US |