Show simple item record

dc.contributor.authorSuryadi, Suryadi
dc.date.accessioned2023-08-10T00:50:02Z
dc.date.available2023-08-10T00:50:02Z
dc.date.issued2022
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3294
dc.description.abstractSuryadi, 2022. “Manajemen Kesiswaan dalam Mengembangkan Life Skills Siswa di SMA Istiqamah Muhammadiyah Samarinda”. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Nur Kholik Afandi, M.Pd sebagai pembimbing I dan Dr. Siti Nor Asiah, SE, M.Pd sebagai pembimbing II. Manajemen kesiswaan merupakan salah satu komponen penting yang ada di dalam struktur lembaga sekolah, karena sebagian besar penyelenggaraan pendidikan di sekolah, saling berkaitan dengan manajemen kesiswaan, yaitu mulai dari kegiatan analisis kebutuhan peserta didik hingga pengelolaan kelulusan dan alumni, tidak terlepas dari peran manajemen kesiswaan. Akan tetapi, ada satu kegiatan penting yang apabila kegiatan ini dapat dilaksanakan secara optimal, akan menghasilkan peserta didik yang memiliki kecakapan hidup (life skills) yang mumpuni dalam berbagai bidangnya, yaitu pembinaan dan pengembangan peserta didik. SMA Istiqamah Muhammadiyah Samarinda merupakan salah satu sekolah yang sangat konsen dalam memperhatikan tumbuhkembang siswanya, yaitu melalui kegiatan-kegiatan pembinaan pengembangan peserta didik yang bersifat tahunan, bulanan, bahkan mingguan melalui ekstrakurikuler yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan dan menganalisis manajemen kesiswaan dalam mengembangkan life skill di SMA Istiqamah Muhammadiyah Samarinda, (2) Menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat kesiswaan dalam menjalankan manajemennya. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis data interaktif dari Miles, Huberman dan Saldana, yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil dalam penelitian ini yaitu: (1) Kesiswaan SMA Istiqamah Muhammadiyah Samarinda dalam menjalankan manajemennya sejalan dengan teori yang dikembangkan oleh Sururi dan Sukarti Nasihin yaitu mulai dari analisis kebutuhan peserta didik, penerimaan dan seleksi peserta didik, pengelompokan dan orientasi peserta didik, pembinaan dan pengembangan peserta didik, penyelenggaraan layanan khusus, pencatatan pelaporan dan evaluasi serta pengelolaan kelulusan dan alumni. Adapun muatan life skills yang dikembangkan oleh SMA Istiqamah Muhammadiyah Samarinda sejalan dengan teori yang dikembangkan oleh Zainal Aqib, yaitu mencakup personal skill, social skill, academic skill dan vocational skill, melalui kegiatan pembinaan pengembangan peserta didik. (2) Faktor pendukung kesiswaan dalam menjalankan manajemennya yaitu dengan adanya sistem kolektif kolegial sekolah, sedangkan faktor penghambat kesiswaan dalam menjalankan manajemennya yaitu dikarenakan masih minimnya SDM di tubuh kesiswaan dan sekolah yang relatif baru (didirikan tahun 2018), sehingga berbagai kegiatan masih minim konsep dan harus membuat rancangan-rancangan baru dalam berbagai kegiatannya.en_US
dc.publisherMPI Pascasarjana UINSI Samarindaen_US
dc.subjectMANAJEMEN KESISWAANen_US
dc.titleManajemen Kesiswaan dalam Mengembangkan Life Skills Siswa di SMA Istiqamah Muhammadiyah Samarindaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nim2020200025


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record