Strategi Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam di SMPIT Daarussalaam Sangatta
Abstract
Poppy Putri Kusumaning Ayu, 2022. “Strategi Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam di SMPIT Daarussalaam Sangatta”. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan islam, Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. M. Abzar D, M.Ag sebagai pembimbing I dan Dr. Moh. Salehuddin, M.Pd sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah dalam menghadapi tantangan era industri 4.0 lembaga pendidikan Islam harus mampu melakukan strategi pengelolaan yang baik sehingga dapat beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengelolaan SMPIT Daarussalaam Sangatta serta mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung pengelolaan SMPIT Daarussalaam Sangatta.
Jenis penelitian ini kualitatif dengan pendekatan naratif yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Humberman dan Saldana dengan mengkondensasi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber, teknik dan teori.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa Strategi pengelolaan SMPIT Daarussalaam Sangatta yaitu memiliki tujuan mencetak generasi ulul albab, program unggulan Qur’an, Bahasa dan prestasi, memberdayakan pihak-pihak eksternal dengan membangun kerjasama, pengelolaan berbasis teknologi digital, pengadaan sarana dan prasarana yang representatif, berkomitmen dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, inovasi aplikasi pembelajaran, dan menganalisis pemenuhan jaringan internet. Faktor pendukung pengelolaan SMPIT Daarussalaam Sangatta yaitu pihak-pihak yang berkontribusi untuk pengadaan fasilitas penunjang pembelajaran, pendidik dan tenaga kependidikan yang unggul, dan pemimpin yang analitik dalam pengambilan keputusan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah ketersediaan wifi yang masih terbatas dan keterbatasan menu yang ada di e-learning SMPIT Daarussalaam sehingga perlu pengembangan lebih lanjut.