Efektivitas Model Pembelajaran Market Place Activity dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Areta Nur Fajriyah, 2023. “Efektivitas Model Pembelajaran Market Place Activity dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Ity Rukiyah, M.Si., selaku dosen pembimbing I dan Bapak Dr. Habib Anwar Al Anshori, M.Pd., selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi karena masih terdapat siswa yang bersifat pasif ketika pembelajaran berlangsung, hal ini mengakibatkan siswa yang pasif tidak berusaha untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru jika ini terus berlanjut maka akan berdampak negatif pada hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan nilai ujian tengah semester terdapat 3 siswa (13%) yang mendapatkan nilai tuntas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran market place activity dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Darussalam Samarinda.
Penelitian ini menggunkan pendekatan kuantitatif dengan metode Pre Eksperimental desain One Grup Pretest-Posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling karena peneliti menerapkan kriteria tertentu untuk dijadikan sampel. Sampel yang diambil berjumlah 23 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis parametrik dengan uji T.
Analisis deskriptif dari penelitian ini menhasilkan nilai rata-rata pretest hasil belajar siswa sebesar 61. Sedangkan nilai rata-rata posttest hasil belajar siswa sebesar 88. Berdasarkan hasil uji hipotesis (uji T) dengan paired sample test bahwa nilai Asymp.sig sebesar 0,000 ˂ 0,05 artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga, dapat diartikan model pembelajaran market place activity memiliki efektivitas dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Darussalam Samarinda. Dengan hasil uji N-Gain didapatkan rata-rata sebesar 71,13% yang termasuk dalam kategori tinggi. Dapat diartikan bahwa model pembelajaran market place activity memiliki efektivitas yang tinggi dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Darussalam Samarinda.