Show simple item record

dc.contributor.authorHidayat, Muhammad
dc.date.accessioned2023-08-10T02:37:59Z
dc.date.available2023-08-10T02:37:59Z
dc.date.issued2023-06-14
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3310
dc.description.abstractABSTRAK Muhammad Hidayat, 2023. “Pengaruh Kegiatan Keagamaan Terhadap Akhlak Peserta Didik di MTs Darul Muta’allimin Samarinda”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Di bawah bimbingan Harjriana, M.Pd sebagai pembimbing I dan Muthia Umi Setyoningrum, M.Pd sebagai pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi karena di MTs Darul Muta’allimin Samarinda menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki akhlak yang baik. Terutama dalam hal-hal yang berkaitan dengan proses pembelajaran, misalnya memperhatikan materi atau penjelasan guru serta tidak ribut saat di dalam kelas. Akan tetapi beberapa siswa memiliki kelemahan dalam hal bersikap dengan teman sekelas, misalnya mengolok-olok teman sekelasnya, ribut dan kurang memperhatikan penjelasan guru pada saat proses pembelajaran sedang berlangsung di kelas. Idealnya sebagai seorang siswa dapat menerapkan akhlak mahmudah yang telah ia miliki dengan teman sekelasnya. Sehingga akhlak mahmudah yang ada di dalam diri siswa akan membantu mengembangkan keterampilan yang dimiliki dalam menjalani kehidupan sehari-hari Peningkatan akhlak peserta didik dapat dilihat dalam kegiatan keagamaan. Kegiatan keagamaan di MTs Darul Muta’allimin Samarinda berupa: membaca asmaul husna sebelum memulai pembelajaran, sholat dhuha berjamaah, sholat dzuhur berjamaah, mengadakan ekskul habsyi, mengadakan kegiatan keagamaan seperti Maulid Nabi Muhammad SAW dan Isra’mi’raj Nabi Muhammad SAW serta peringatan hari besar Islam lainnya. Hal tersebut diyakini mampu membuat akhlak peserta didik menjadi lebih baik. Oleh karena itu peneliti disini ingin mengetahui pengaruh kegiatan keagamaan terhadap akhlak peserta didik di MTs Darul Muta’allimin Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini mengggunakan instrumen penelitian berupa angket, teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis. Populasi di dalam penelitian ini adalah semua siswa MTs Darul Muta’allimin Samarinda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Purposive sampling adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Darul Muta’allimin sebanyak 47 siswa, yang terdiri dari kelas VIII-A berjumlah 23 siswa dan kelas VIII-B berjumlah 24 siswa. Dengan didasari oleh perhitungan mengenai pengaruh kegiatan keagamaan terhadap akhlak peserta didik di MTs Darul Muta’allimin Samarinda mendapatkan sejumlah hasil yang mana bisa ditarik suatu kesimpulan yaitu nilai korelasi (r) sebesar 0,116 angka tersebut berada pada interval 0,00 s/d 0,199 yaitu menunjukkan nilai kontribusi sebesar 10,4%. Kemudian uji hipotesis yang diperoleh signifikan bernilai sebesar 0,007 < 0,05 yang artinya ialah Ha diterima dan H0 ditolak dengan metode statistik.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectKegiatan Keagamaan, Akhlak Peserta Didiken_US
dc.titlePengaruh Kegiatan Keagamaan Terhadap Akhlak Peserta Didik di MTs Darul Muta’allimin Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record