Kegiatan Keagamaan Dalam Meningkatkan Religiusitas siswa Di SMP Plus Melati samarinda
Abstract
Suhartini, 2023, “Kegiatan Keagamaan Dalam Meningkatkan
Religiusitas siswa Di SMP Plus Melati samarinda”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam
Negri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda dibawah bimbingan Dr. Hj.
Robingatin M,Ag selaku pembimbing I dan Dr. H. Ahmad Ruslan A. M,Ag selaku
pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi karna ketertarikan peneliti terhadap
kegiatan keagamaan di SMP Plus Melati Samarinda yang sangat aktif dan
dijalankan dari awal berdirinya SMP Plus Melati Samarinda sampai saat ini.
Kegiatan keagamaan ini dilakukan untuk membina siswa agar lebih memperdalam
ilmu agama dan tentunya juga memiliki akhlakul karimah yang baik, Di era
globalisasi pendidikan saat ini memiliki tugas meningkatkan ilmu pengetahuan dan
teknologi (IPTEK). Diharapkan peserta didik mampu meningkatkan keimanan dan
ketakwan (IMTAQ) terhadap tuhan yang Maha Esa. Tujuan dari peningkatan
keimanan dan ketakwaan ini yaitu untuk mengantisipasi terhadap dampak negatif
dari perkembangan ilmu pengetahuaan dan teknologi, Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk Mengetahui kegiatan keagamaan dalam Meningkatkan Religiusitas
Siswa di SMP Plus Melati Samarinda.
Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian dengan metode deskriptif
kualitatif dimana berjenis penelitian lapangan, kemudian teknik pengumpulan
datanya yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara dan
dokumentasi, yang menjadi sasaran peneliti dalam penelitian ini adalah, Kepala
Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, Wali Kelas VII sampai Wali Kelas IX,
dan Siswa, Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data,
Kondensasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan keagamaan yang ada
di SMP Plus Melati Samarinda untuk shalat dhuha dapat meningkatkan aspek
ideology, aspek ritualistic, dan aspek konsekuensial siswa, sholat dzuhur berjamaah
dapat meningkatkan aspek ideology, aspek ritualistic, aspek intelektual, dan aspek
konsekuensial siswa, membaca asmaul husna dapat meningkatkan aspek ideology,
aspek ritualistic, dan aspek intelektual, tadarus Al- qur’an dapat meningkatkan
aspek ideology, aspek ritualistic, dan aspek konsekuensial, budaya 5 S (senyum,
salam, sapa, sopan, santun) dapat meningkatkan aspek ideology, aspek ritualistic,
dan aspek konsekuensial, muhadharah dapat meningkatkan aspek ideology, aspek
ritualistic, aspek eksperiensial, aspek intelektual dan aspek konsekuensial,
Pesantren Ramadhan dapat meningkatkan aspek eksperiensial, aspek intelektual
dan aspek konsekuensial dan memperingati hari besar Islam seperti Isra’ Mi’raj dan
Maulid Nabi dapat meningkatkan aspek ideology, aspek ritualistic, dan aspek
konsekuensial, muhadharah dapat meningkatkan aspek ideology, aspek ritualistic,
aspek eksperiensial, aspek intelektual dan aspek konsekuensial, berbagi kepada
panti asuhan dan anak yatim dapat meningkatkan aspek ritualistic dan aspek
kontekstual.