Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Perilaku Siswa di Madrasah Aliyah Al-Mujahidin Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Roudhotul Oktavia, 2023. “Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Perilaku Siswa di Madrasah Aliyah Al-Mujahidin Samarinda”. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Zamroni M. Pd selaku pembimbing I dan Imroh Atul Musfiroh, M. Pd. I selaku pembimbing II.
Sebagai seorang pendidik, guru akan menjadi panutan yang akan ditiru oleh peserta didik. Oleh karena itul segala sesuatu yang dilakukan olelh seorang guru haruslah belrhati-hati. Bukan hanya dalam hal-hal yang baik akan ditiru oleh peserta didik, bahkan hal-hal yang buruk pun akan mereka tiru. Keteladanan dalam perkataan, perbuatan dan tindak tanduknya, akan senantiasa ditiru dan tertanam dalam kepribadian anak. Keteladanan guru salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku siswa dan memberikan dampak positif dan negatif terhadap perilaku siswa. Akan tetapi, tidak semua siswa bisa meneladani sikap baik dari guru tersebut, karena tidak semua guru yang mengajar di Madrasah Aliyah Al-Muljahidin Samarinda mampu menerapkan nila-nilai keteladanan itu dengan baik. Berdasarkan latar belakang tesebut maka tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Perilaku Siswa di Madrasah Aliyah Al-Mujahidin Samarinda.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi seluruh siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Al-Mujahidin Samarinda. Sampel berjumlah 41 siswa kelas XI IPA dan IPS dengan teknik sampel jenuh. Uji coba soal menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan uji Normalitas, uji linearitas, uji korelasi, uji determinasi dari hasil uji T.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini terdapat pengaruh keteladanan guru terhadap perilaku siswa sebesar 25% sementara 75% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Hasil korelasi product moment menunjukkan adanya korelasi antara keteladanan guru terhadap perilaku siswa di Madrasah Aliyah Al-Mujahidin Samarinda yaitu 0,500 bila dikonsultasikan dengan table interpretasi r berada diantara 0,400-0,500 yang artinya berkorelasi secara “Sedang” dan bentuk hubungan yang dihasilkan adalah positif. Dari hasil uji T, diketahui nilai thitung dengan taraf signifikansi 3,6 adalah 2,023 lebih besar dari nilai ttabel yaitu 3,6. Dengan hasil ini maka hipotesis Ha terdapat hasil terdapat pengaruh positif dan signifikan antara keteladanan guru terhadap perilaku siswa di madrasah aliyah a-mujahidn samarinda dapat diterima.