dc.description.abstract | ABSTRAK
Emilia Fatjriyanti, 2023. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Di SMA Negeri 6 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Khojir, M.SI dan Ibu Dr. Sri Susmiyati, M.Pd.I
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keragaman agama pada setiap peserta didik yang terdapat di SMA Negeri 6 Samarinda terlebih SMA Negeri 6 Samarinda merupakan satu-satunya SMA yang terletak di wilayah kecamatan Palaran, oleh karena itu sekolah ini memiliki lebih banyak peminat dibandingkan dengan sekolah-sekolah lain di wilayah Palaran. Mengenai nilai-nilai moderasi beragama sudah ditanamkan, akan tetapi belum diketahui upaya yang dilakukan dalam penanaman tersebut. Diharapkan dengan adanya nilai-nilai moderasi beragama, peserta didik dapat menumbuhkan sikap nasionalisme, toleransi serta menerapkan nilai-nilai moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan upaya guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama, serta untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama.
Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, dan satu guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 6 Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Upaya Guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama melalui kegiatan pengajian (ceramah) serta terintegrasi dalam mata pelajaran PAI 2) Faktor pendukung guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama adalah program sekolah yaitu kegiatan keagamaan, partisipasi seluruh elemen sekolah dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama, sarana prasarana yang memadai seperti tersedianya mushola, perpustakaan, lapangan, lab dan ruang kelas. Sementara factor penghambatnya adalah fokus peserta didik yang mudah terganggu dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan. | en_US |