View Item 
  •   Repository Home
  • E-Thesis
  • Program Pascasarjana
  • E-Thesis - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Thesis
  • Program Pascasarjana
  • E-Thesis - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Problematika Penggunaan Learning Management System Pada Program Pendidikan Profesi Guru Di Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Tahun 2022

Thumbnail
View/Open
Febriawan Fitriyanto.docx (14.28Kb)
Date
2022
Author
Fitriyanto, Febriawan
Metadata
Show full item record
Abstract
Febriawan Fitriyanto, 2022. “Problematika Penggunaan Learning Management System Pada Program Prpendidikan Profesi Guru Di Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Tahun 2022”. Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd sebagai pembimbing I dan Dr. Hj. Fathul Janah, M.SI sebagai pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan bagian penting dalam sejarah peradaban manusia. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ini tentunya akan memiliki dampak yang sangat besar pada masyarakat dan dampaknya semakin berkembang seiring berjalannya waktu, baik untuk menggali informasi maupun mendapatkan suatu informasi sehingga dapat memudahkan manusia dalam memecahkan suatu permasalahan yang dihadapinya. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui penggunaan Learning Management System pada dosen yang mengajar program Pendidikan Profesi Guru, problem penggunaan Learning Management System pada dosen-dosen yang mengajar program Pendidikan Profesi Guru dan solusi penggunaan Learning Management System di Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Adapun jenis penelitian ini adalah jenis peneliian kualitatif dengan pendekatan saintifik dan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai pendukung. Adapun untuk mengatur kesesuaian antara pendekatan dan teknik analisis data, maka peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif artinya peneliti berupaya menggambarkan kembali data-data yang telah terkumpul sebelumnya sesuai dengan hasil penelitian yang diperoleh di lapangan. Hasil penelitian yang penulis temukan: pertama Penerapan dalam penggunaan Learning Management System pada program Pendidikan Profesi Guru (PPG) di Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda adalah dengan menggunakan laman Sistem Pembelajaran Cara Elektronik (SPACE). Kedua Problema dalam penggunaan Learning Management System pada dosen-dosen yang mengajar program Pendidikan Profesi Guru (PPG) diantranya: a. Membuka aplikasi, b. Penggunaan video conference, c. Unduh materi, d. Upload kontrak belajar, PPT dan posttest.. Ketiga Solusi dalam penggunaan Learning Management System bagi dosen yang mengajar program Pendidkan Profesi Guru diantaranya: a. sering bertanya kepada pihak yang bertugas atau admin ketika terjadi kendala atau problem dalam penggunaan Learning Management System. b. meminta bantuan kepada seseorang yang dianggap lebih faham dalam menguasai penggunaan Learning Management System. c. meminta bantuan untuk mengajarkan kepada seseorang yang lebih mengetahui agar lebih faham ketika memiliki kendala dalam penggunaan Learning Management System. d. mengikuti sosialisasi yang diselenggarakan dalam penggunaan Learning Management System.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3326
Collections
  • E-Thesis - Pendidikan Agama Islam [108]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV